interaction design. Salah satu isu pada kehadiran industri game adalah perilaku
sebagian pemain dalam melakukan sedikit komunikasi dan interaksi di luar
dunianya. Tesis projek ini adalah upaya pemecahan masalah melalui perancangan
interaksi realtime human-computer menggunakan sentuhan dan gesture yang
disebut game participatory.
Perancangan game participatory menggunakan pendekatan metode deskriptifkualitatif
yang merupakan penggabungan beberapa bidang, yaitu: interactive
gesture yang membidangi permasalahan teknologi, visual-kinetic communication
berhubungan dengan pemaknaan dan pesan, serta batik cap sebagai pembentuk
muatan tema dan konsep visual.
Gagasannya adalah menggunakan tema visual dunia batik Indonesia (teknik batik
cap dan pola ragam hias) sebagai pembentuk gameplay participatory yang
dikendalikan oleh gesture manusia pada perangkat multi-touch screen.
Tujuanya adalah menghasilkan rancangan karya alternatif berupa aplikasi game
digital yang memiliki pola interaksi participatory dengan tetap memerhatikan
muatan informasi pendidikan melalui dunia batik yang telah dikenal, dekat, dan
menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.
Game participatory baik ditempatkan pada ruang-ruang publik seperti museum,
terminal transportasi, atau pusat perbelanjaan sebagai wahana interaksi dan
komunikasi antar pemain secara fisik dan nyata.