digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-BAB1.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-BAB5.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-BAB6.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP SONNY INDRO PRABOWO 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Sistem informasi lingkungan pengemudian (SILP) didefinisikan sebagai sistem informasi yang membantu pengemudi mendapatkan informasi tentang lingkungan pengemudiannya. Ruang lingkup sistem ini berada pada kendaraan yang terdapat di dalam transportasi jalan (road transportation). Salah satu jenis SILP adalah SILP yang memanfaatkan kolaborasi antar kendaraan, contohnya TrafficView dan SOTIS. Di dalam tugas akhir ini dipelajari tentang SILP berbasis kolaborasi tersebut, dan juga dianalisis prospek dari SILP berbasis kolaborasi terhadap permasalahan di dalam proses pengemudian. Sebagai rujukan dari persoalan yang akan dianalisis, digunakan referensi yang berasal dari Intelligent Vehicle Initiative (IVI) tentang persoalan peningkatan performa pengemudi. Hasil analisis dari prospek SILP tersebut kemudian digunakan untuk proses perancangan yang menghasilkan model konseptual sistem. Proses perancangan dilanjutkan dengan proses perancangan interaksi yang menghasilkan skenario interaksi dan rancangan antarmuka yang dapat digunakan pada proses implementasi sistem ini. Untuk memudahkan dalam hal penyampaian ide dari rancangan yang sudah dirancang kepada pihak lain, digunakan simulasi. Simulasi ini memodelkan kondisi jalan dengan beberapa penyederhanaan, serta perilaku sistem. Melalui simulasi juga didapatkan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut dari sistem ini, khususnya dari sisi interaksi.