COVER Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Faris Muhammad Tsaqif
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Winglet dapat digunakan untuk mengurangi induced drag pada sayap. Konsep dari winglet juga sudah diterapkan pada propeler kapal. Winglet pada propeler dapat menjadi desain peralihan dari propeler konvensional dan propeler dengan shroud. Meskipun begitu, penelitian tentang integrasi winglet pada propeler konvensional sangat terbatas. Penelitian ini berisi modifikasi winglet dan juga variasi desain tip pada propeler skala kecil di kecepatan rendah dengan Computational Fluid Dynamics (CFD) sebagai alternatif yang lebih hemat biaya dibandingan pengujian menggunakan terowongan angin. Hasil dari simulasi menyatakan bahwa propeler baseline mencapai efisiensi tertinggi pada 0,696. Sementara itu propeler dengan desain winglet yang dibengkokkan ke bawah memiliki performa yang sedikit lebih rendah. Propeler dengan shroud memiliki performa paling buruk secara keseluruhan dimana propeler dengan shroud tertinggi memiliki efisiensi paling rendah. Modifikasi winglet dan shroud menigkatkan drag total dari bilah-bilah propeler. Baik winglet maupun shroud juga mempengaruhi lift di sepanjang bilah-bilah dari propeler yang berbeda-beda.
Perpustakaan Digital ITB