COVER Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Indonesia berkomitken untuk kemajuan transportasi berkelanjutan guna memenuhi
agenda 2030 dalam Nationally Determined Contribution, yang ditetapkan pada Paris
Climate Agreeement. Pemerintah memprioritaskan peningkatan kualitas mobilitas,
dicontohkan dengan rencana transisi dari bahan bakar diesel B40 menjadi B50 pada tahun
2026 – mempromosikan sumber energi terbarukan dan juga mengurangi ketergantungan
pada impor biofuel.
Penelitian ini menguji performa mesin diesel Euro-2 dan Euro-4 dengan menggunakan
bahan bakar diesel B50. Melalui serangkaian pengujian Drivability, Dynamometer, Road-
Test, analisis emisi, komposisi oli mesin, dan pembentukan deposit, penelitian ini
menghasilkan temuan sebagai berikut: penurunan kinerja minor setelah penggunaan jangka
panjang – ditunjukkan oleh penurunan akselerasi sebesar 3,35%, kecepatan maksimum
sebesar 1,21%, dan efisiensi bahan bakar rata-rata sebesar 4,29% – dengan torsi dan daya
yang relative tetap stabil. Seiring dengan meningkatnya kandungan FAME dan besi pada oli
mesin, analisis emisi mengindikasi penurunan kadar NOx serta peningkatan hidrokarbon.
Namun, opasitas gas buang tetap memenuhi baku mutu menunjukkan adanya keausan dan
pembentukan deposit yang masih dalam batas normal dari pemakaian jangka panjang.
Perpustakaan Digital ITB