digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Resnanda Rafa Kurniawan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Indonesia berkomitken untuk kemajuan transportasi berkelanjutan guna memenuhi agenda 2030 dalam Nationally Determined Contribution, yang ditetapkan pada Paris Climate Agreeement. Pemerintah memprioritaskan peningkatan kualitas mobilitas, dicontohkan dengan rencana transisi dari bahan bakar diesel B40 menjadi B50 pada tahun 2026 – mempromosikan sumber energi terbarukan dan juga mengurangi ketergantungan pada impor biofuel. Penelitian ini menguji performa mesin diesel Euro-2 dan Euro-4 dengan menggunakan bahan bakar diesel B50. Melalui serangkaian pengujian Drivability, Dynamometer, Road- Test, analisis emisi, komposisi oli mesin, dan pembentukan deposit, penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: penurunan kinerja minor setelah penggunaan jangka panjang – ditunjukkan oleh penurunan akselerasi sebesar 3,35%, kecepatan maksimum sebesar 1,21%, dan efisiensi bahan bakar rata-rata sebesar 4,29% – dengan torsi dan daya yang relative tetap stabil. Seiring dengan meningkatnya kandungan FAME dan besi pada oli mesin, analisis emisi mengindikasi penurunan kadar NOx serta peningkatan hidrokarbon. Namun, opasitas gas buang tetap memenuhi baku mutu menunjukkan adanya keausan dan pembentukan deposit yang masih dalam batas normal dari pemakaian jangka panjang.