Penelitian ini menyajikan evaluasi komprehensif terhadap kinerja kaca laminasi pada kaca depan kereta berkecepatan tinggi, dengan fokus pada kemampuannya menahan benturan berkecepatan tinggi dari objek eksternal seperti serpihan maupun burung. Kaca laminasi, yang umum digunakan pada fungsi kritis ini, dituntut mampu menghadapi skenario benturan ekstrem guna menjamin keselamatan penumpang serta menjaga keandalan struktur kendaraan. Penelitian diawali dengan karakterisasi material interlayer berupa polyvinyl butyral (PVB) untuk mengetahui sifat mekaniknya. Selanjutnya dilakukan pengujian eksperimental untuk menilai respons dinamis kaca laminasi terhadap benturan berkecepatan tinggi. Sebagai pelengkap, simulasi elemen hingga menggunakan LS-DYNA dilakukan untuk memodelkan respons kaca dengan mempertimbangkan variasi ketebalan kaca, ketebalan interlayer, posisi lapisan, serta konfigurasi susunan. Dari hasil tersebut, parameter dan konfigurasi paling berpengaruh terhadap ketahanan benturan berhasil diidentifikasi. Melalui pendekatan numerik dan eksperimental yang terintegrasi, penelitian ini menunjukkan beberapa desain kaca laminasi yang mampu memenuhi standar crashworthiness internasional, khususnya yang tercantum dalam UIC Code 651.
Perpustakaan Digital ITB