digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Iluminasi global adalah masalah besar yang tak kunjung selesai dalam dunia grafika komputer karena kebutuhan daya komputasinya yang cukup besar. Penelitian ini menyajikan implementasi dan analisis kinerja radiance cascades, salah satu teknik pendekatan iluminasi global yang dikembangkan oleh Alexander Sannikov, seorang senior game developer pada game studio Grinding Gear Games. Salah satu varian teknik ini, bernama Screen-space Probes with World-space Intervals (RC- SPWI), diimplementasikan dalam sebuah renderer menggunakan Vulkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa radiance cascades dapat diimplementasikan menggunakan Vulkan, dengan performa 22% lebih lambat dibandingkan referensi, yaitu renderer yang sama namun menggunakan ray-tracing, namun tidak memerlukan input geometri dan sumber cahaya. Analisis bottleneck pada GPU mengidentifikasi bahwa proses cascade merging yang intensif pada texture sampling menjadi kendala utama. Meskipun berhasil membuktikan prinsip teoritisnya, yaitu jejak memori yang konstan dan independensi dari kompleksitas scene, implementasi ini menghadapi tantangan signifikan dalam mencapai kualitas visual yang akurat seperti referensi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa radiance cascades memiliki potensi yang kuat, namun penerapannya memerlukan penelitian lebih lanjut dan optimasi desain dan arsitektur lebih lanjut.