Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Iluminasi global adalah masalah besar yang tak kunjung selesai dalam dunia grafika
komputer karena kebutuhan daya komputasinya yang cukup besar. Penelitian ini
menyajikan implementasi dan analisis kinerja radiance cascades, salah satu teknik
pendekatan iluminasi global yang dikembangkan oleh Alexander Sannikov,
seorang senior game developer pada game studio Grinding Gear Games. Salah satu
varian teknik ini, bernama Screen-space Probes with World-space Intervals (RC-
SPWI), diimplementasikan dalam sebuah renderer menggunakan Vulkan. Hasil
analisis menunjukkan bahwa radiance cascades dapat diimplementasikan
menggunakan Vulkan, dengan performa 22% lebih lambat dibandingkan referensi,
yaitu renderer yang sama namun menggunakan ray-tracing, namun tidak
memerlukan input geometri dan sumber cahaya. Analisis bottleneck pada GPU
mengidentifikasi bahwa proses cascade merging yang intensif pada texture
sampling menjadi kendala utama. Meskipun berhasil membuktikan prinsip
teoritisnya, yaitu jejak memori yang konstan dan independensi dari kompleksitas
scene, implementasi ini menghadapi tantangan signifikan dalam mencapai kualitas
visual yang akurat seperti referensi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
radiance cascades memiliki potensi yang kuat, namun penerapannya memerlukan
penelitian lebih lanjut dan optimasi desain dan arsitektur lebih lanjut.
Perpustakaan Digital ITB