ABSTRAK Ranisa Azmi Desnita
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Kendaraan listrik sangat bergantung pada baterai litium-ion. Salah satu
pendekatan penyusunan sel silinder yang kian dikaji adalah desain cell-to-pack
(C2P), yang menghilangkan komponen perantara (module) sehingga banyak
sel baterai dapat diintegrasikan langsung ke dalam satu pack. Desain ini
diharapkan meningkatkan energy density dan efisiensi biaya. Penelitian ini
menerapkan dua pendekatan pemodelan: (i) model non-homogen, di mana
casing dan jellyroll dimodelkan terpisah, dan (ii) model homogen, di mana
keduanya digabung menjadi satu material ekuivalen melalui rule of mixtures.
Tiga konfigurasi disimulasikan, yakni: (i) satu sel, (ii) sembilan sel, dan (iii)
grid C2P. Selain itu, dilakukan variasi parameter kekakuan dan daktilitas
enclosure. Hasil menunjukkan bahwa model homogen memprediksi kekakuan
dan gaya yang lebih tinggi, namun cenderung melebihestimasi kapasitas beban
dibandingkan model non-homogen. Grid C2P secara konsisten memberikan
ketahanan struktural tertinggi, dengan gaya hingga 198 kN pada model
homogen dan 92 kN pada model non-homogen. Analisis tegangan utama
pada konfigurasi grid dengan enclosure memperlihatkan puncak tegangan
sebesar 54,84 MPa (homogen) dan 8,64 MPa (non-homogen). Temuan ini
menunjukkan bahwa enclosure membantu mengurangi konsentrasi tegangan
pada tingkat lokal, sementara pemodelan non-homogen lebih realistis dalam
menangkap efek pengekangan (confinement) akibat interaksi casingjellyroll.
Studi parametrik menegaskan bahwa kekakuan sangat memengaruhi gaya
maksimum (hingga sekitar +20%), sedangkan peningkatan daktilitas terutama
menunda awal kegagalan sehingga memungkinkan deformasi yang lebih besar
dan penyerapan energi yang lebih tinggi tanpa meningkatkan beban puncak.
Secara keseluruhan, penelitian ini memperkaya pemahaman tentang perilaku
gaya dan tegangan pada sistem C2P serta menekankan pentingnya pemodelan
eksplisit interaksi casingjellyroll untuk memprediksi respons tabrakan secara
realistis. Temuan tersebut dapat mendukung perancangan baterai kendaraan
listrik yang lebih aman dan efisien melalui panduan optimasi enclosure dan
strategi validasi struktural.
Perpustakaan Digital ITB