Abstrak - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Tactical Unmanned Armed Vehicle (TUAV) adalah teknologi yang semakin relevan di
bidang militer dan pertahanan. Sebelumnya, F.A. Ramadhan telah mengembangkan
desain awal TUAV melalui Dislitbangau hingga tahap initial sizing. Penelitian ini
bertujuan untuk memperbaiki dan menentukan desain TUAV yang lebih optimal
dengan mengurangi bobot struktur tanpa mengorbankan kekuatan dan kestabilan
struktural. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data initial sizing
dari penelitian sebelumnya sebagai desain awal. Analisis numerik dilakukan melalui
metode Finite Element Method (FEM) untuk mengevaluasi respon struktural di bawah
beban statik dan buckling. Selanjutnya, optimasi struktur dilakukan menggunakan
metode gradien, bertujuan meminimalkan berat struktur sambil memenuhi batasan
kekuatan dan kestabilan. Hasil optimasi menunjukkan bahwa desain yang dihasilkan
berhasil mengurangi berat struktur hingga sekitar 46.2% dibanding desain awal,
sembari tetap memenuhi kriteria kekuatan statik dan batasan kestabilan terhadap
buckling. Perbaikan signifikan tersebut menunjukkan keefektifan metode optimasi
struktural berbasis teknik FEM dan optimasi gradien dalam mencapai desain yang lebih
ringan dan efisien tanpa kompromi kinerja struktural. Dengan demikian, penelitian ini
menegaskan bahwa optimasi desain TUAV berbasis teknik numerik dan gradien dapat
menghasilkan desain optimal yang secara signifikan lebih ringan, sekaligus tetap
memenuhi persyaratan keamanan struktural. Keberhasilan ini membuka peluang untuk
pengembangan lebih lanjut dalam aspek dinamika struktural. Oleh karena itu, studi
lanjutan sangat dianjurkan untuk mengeksplor lebih dalam analisis respon terhadap
flutter dan fatigue, guna memastikan kehandalan desain dalam kondisi operasional
jangka panjang.
Perpustakaan Digital ITB