digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Muhammad Rajji Rachmanulhakim
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Tactical Unmanned Armed Vehicle (TUAV) adalah teknologi yang semakin relevan di bidang militer dan pertahanan. Sebelumnya, F.A. Ramadhan telah mengembangkan desain awal TUAV melalui Dislitbangau hingga tahap initial sizing. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan menentukan desain TUAV yang lebih optimal dengan mengurangi bobot struktur tanpa mengorbankan kekuatan dan kestabilan struktural. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data initial sizing dari penelitian sebelumnya sebagai desain awal. Analisis numerik dilakukan melalui metode Finite Element Method (FEM) untuk mengevaluasi respon struktural di bawah beban statik dan buckling. Selanjutnya, optimasi struktur dilakukan menggunakan metode gradien, bertujuan meminimalkan berat struktur sambil memenuhi batasan kekuatan dan kestabilan. Hasil optimasi menunjukkan bahwa desain yang dihasilkan berhasil mengurangi berat struktur hingga sekitar 46.2% dibanding desain awal, sembari tetap memenuhi kriteria kekuatan statik dan batasan kestabilan terhadap buckling. Perbaikan signifikan tersebut menunjukkan keefektifan metode optimasi struktural berbasis teknik FEM dan optimasi gradien dalam mencapai desain yang lebih ringan dan efisien tanpa kompromi kinerja struktural. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa optimasi desain TUAV berbasis teknik numerik dan gradien dapat menghasilkan desain optimal yang secara signifikan lebih ringan, sekaligus tetap memenuhi persyaratan keamanan struktural. Keberhasilan ini membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam aspek dinamika struktural. Oleh karena itu, studi lanjutan sangat dianjurkan untuk mengeksplor lebih dalam analisis respon terhadap flutter dan fatigue, guna memastikan kehandalan desain dalam kondisi operasional jangka panjang.