digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Avicenna Najib Mahmud
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Tugas akhir ini berfokus pada desain dan analisis performa contra-rotating propeller (CRP) pada wahana udara nirawak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV). UAV merupakan salah satu bidang penelitian penting dalam teknik dirgantara karena fleksibilitas serta bidang penerapan yang luas. Salah satu aspek krusial dalam UAV adalah desain propeller yang harus mampu beroperasi secara optimal dengan efisiensi tinggi untuk mendukung misi penerbangan. Permasalahan utama terletak pada bagaimana mendesain propeller yang memenuhi kebutuhan tersebut. Upaya yang dilakukan antara lain pemilihan airfoil yang tepat, penerapan metode desain Larrabee, serta implementasi mekanisme CRP. Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan menganalisis perbandingan performa propeller tunggal dengan CRP pada UAV menggunakan Metode Larrabee dan simulasi CFD. Propeller untuk kedua mekanisme tersebut dirancang menggunakan Metode Larrabee dengan keluaran berupa distribusi chord dan twist. Simulasi CFD pada kondisi on-design dilakukan pada putaran 7000 RPM dengan kecepatan udara 30,9 m/s, sedangkan simulasi off-design dilakukan untuk memperoleh performa propeller tunggal dan CRP dengan variasi kecepatan dan RPM. Khusus pada CRP, efek jarak aksial antara kedua propeller juga dianalisis melalui simulasi CFD dengan beberapa variasi jarak aksial.