digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - MUHAMMAD ADILLAH UTAMA
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Muhammad Adillah Utama
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini menganalisis kelaiktabrakan struktur subfloor pesawat komuter 19 penumpang melalui simulasi numerik berbasis finite element analysis (FEA) menggunakan LS-DYNA untuk mengevaluasi kemampuan penyerapan energi impak dan memahami pengaruh parameter desain dengan penerapan crash box tipe top-hat. Studi parametrik dilakukan pada dua frame fuselage, dengan variasi material (Al7075-T6, AA6061-T6, dan Al2024-T3), ketebalan, dan model stiffener. Model divalidasi menggunakan uji referensi top-hat crash box, dengan galat maksimum 3,44% pada gaya dan perpindahan sehingga layak digunakan untuk analisis global. Hasil simulasi menunjukkan fuselage baseline mampu menyerap 13,65 kJ (90% energi kinetik) dengan deformasi dominan berupa buckling dan bending pada subfloor. Penggunaan top-hat crash box berbahan Al7075-T6 dengan ketebalan 1,4 mm memberikan kinerja penyerapan energi terbaik sebagai stiffener meningkatkan specific energy absorption (SEA) subfloor hingga 8.84% dan mengurangi effective G, sebagai ukuran besaran perlambatan, hingga 2.34%.