digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nanda Amelia Lysti
PUBLIC Open In Flipbook Esha Mustika Dewi

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) telah membawa transformasi signifikan terhadap perilaku belanja konsumen, khususnya dalam hal belanja produk kosmetik pada platform m-commerce. Meskipun terdapat banyak penelitian terdahulu yang membahas tentang adopsi AI dan AR pada m-commerce, namun penelitian yang membahas adopsi kedua teknologi tersebut berdasarkan pendekatan proses pengambilan keputusan konsumen masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik teknologi berbasis AI dan AR yang dapat mendorong niat konsumen untuk terus menggunakan aplikasi m-commerce berdasarkan pendekatan proses pengambilan keputusan belanja, serta menganalisis bagaimana teknologi AI-AR memengaruhi proses pengambilan keputusan tersebut dengan mengadopsi Teori Difusi Inovasi dan Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share). Pengumpulan data dilakukan melalui online survey terhadap 198 pengguna aplikasi m-commerce berbasis AI dan AR di Indonesia, yang kemudian dianalisis menggunakan pendekatan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived performance expectancy dan perceived usefulness berperan dalam menjelaskan bagaimana konsumen memandang manfaat dari karakteristik teknologi AI-AR dalam mendukung proses pengambilan keputusan. Perceived relative advantage terbukti berpengaruh signifikan terhadap kedua konstruk tersebut, sementara perceived compatibility dan perceived trialability hanya berpengaruh terhadap perceived usefulness. Sedangkan, perceived complexity menunjukkan pengaruh positif terhadap perceived performance expectancy. Lebih lanjut, persepsi terhadap manfaat teknologi ini mendorong keterlibatan pengguna dalam tahapan proses pengambilan keputusan, mulai dari attention, interest, dan action, hingga akhirnya berkontribusi terhadap niat untuk terus menggunakan aplikasi. Penelitian ini telah membuktikan bahwa karakteristik teknologi AI-AR secara tidak langsung memengaruhi continuance intention melalui pembentukan persepsi manfaat dan keterlibatan pengguna dalam pengambilan keputusan.