Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR)
telah membawa transformasi signifikan terhadap perilaku belanja konsumen,
khususnya dalam hal belanja produk kosmetik pada platform m-commerce.
Meskipun terdapat banyak penelitian terdahulu yang membahas tentang adopsi AI
dan AR pada m-commerce, namun penelitian yang membahas adopsi kedua
teknologi tersebut berdasarkan pendekatan proses pengambilan keputusan
konsumen masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
karakteristik teknologi berbasis AI dan AR yang dapat mendorong niat konsumen
untuk terus menggunakan aplikasi m-commerce berdasarkan pendekatan proses
pengambilan keputusan belanja, serta menganalisis bagaimana teknologi AI-AR
memengaruhi proses pengambilan keputusan tersebut dengan mengadopsi Teori
Difusi Inovasi dan Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share).
Pengumpulan data dilakukan melalui online survey terhadap 198 pengguna aplikasi
m-commerce berbasis AI dan AR di Indonesia, yang kemudian dianalisis
menggunakan pendekatan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perceived performance expectancy dan perceived usefulness berperan dalam
menjelaskan bagaimana konsumen memandang manfaat dari karakteristik
teknologi AI-AR dalam mendukung proses pengambilan keputusan. Perceived
relative advantage terbukti berpengaruh signifikan terhadap kedua konstruk
tersebut, sementara perceived compatibility dan perceived trialability hanya
berpengaruh terhadap perceived usefulness. Sedangkan, perceived complexity
menunjukkan pengaruh positif terhadap perceived performance expectancy. Lebih
lanjut, persepsi terhadap manfaat teknologi ini mendorong keterlibatan pengguna
dalam tahapan proses pengambilan keputusan, mulai dari attention, interest, dan
action, hingga akhirnya berkontribusi terhadap niat untuk terus menggunakan
aplikasi. Penelitian ini telah membuktikan bahwa karakteristik teknologi AI-AR
secara tidak langsung memengaruhi continuance intention melalui pembentukan
persepsi manfaat dan keterlibatan pengguna dalam pengambilan keputusan.
Perpustakaan Digital ITB