digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : Iklan secara online (Online advertising) terus berkembang secara konstan. Setiap harinya, media baru, teknologi baru dan tantangan baru masuk mengambil bagian dan mengubah gambaran keseluruhan dari bentuk iklan. Iklan secara online yang juga dikenal sebagai iklan di internet adalah bentuk iklan interaktif dari produk, jasa, isu, perusahaan, politik dan iklan layanan masyarakat melalui media internet (International Electronic Network). Disadari bahwa respon pengguna internet terhadap iklan di internet dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk atau format iklan (banner, hyperlink, rich media, pop up dIL). Oleh karena itu penting bagi pengusaha maupun pengiklan mengetahui respon pengguna internet (menghibur, informatif dlL) terhadap format iklan yang mereka tampilkan di internet sehingga promosi mereka dapat bersaing secara efektif sesuai pasar sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan preferensi pengguna internet terhadap format iklan di internet berdasarkan karakteristik iklan di internet.