Wattpad adalah situs web dan aplikasi online yang dibuat untuk menerbitkan cerita buatan pengguna, yang
bertujuan untuk menciptakan jejaring sosial seputar cerita untuk penulis baru maupun penulis yang telah
lama berkecimpung di dunia literasi. Wattpad membantu calon penulis menemukan audiens, juga
menawarkan konten kepada penerbit buku konvensional, pengiklan, dan produser film dan TV, selain
memberi mereka wawasan tentang cerita dan subjek yang menurut audiens menarik (Steiner, A, 2017 ).
Sejak popularitas Wattpad meroket di Indonesia sekitar tahun 2011, rak-rak fiksi di toko-toko buku di
Indonesia kini didominasi oleh buku-buku yang diadaptasi dari Wattpad, dan jumlah rak-rak fiksi yang
berisi buku-buku dari penulis non-Wattpad semakin sedikit. Namun, terlepas dari kenyataan bahwa jumlah
novel Wattpad cukup banyak di rak buku, jarang ada jurnal yang membahas hubungan antara penggunaan
Wattpad oleh pembaca, dan niat mereka untuk membeli buku Wattpad versi cetak, terutama di Indonesia.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi jarak yang ada dengan mengeksplorasi hubungan
antara Wattpad dengan minat konsumen untuk membeli buku hard copy. Di dalamnya, peneliti juga akan
menganalisis alasan mengapa penulis memutuskan untuk mempublikasikan cerita mereka secara online di
Wattpad untuk menganalisis lebih lanjut perilaku mereka. Survei kuantitatif dilakukan di antara 325
responden yang telah menggunakan aplikasi Wattpad setidaknya selama 6 bulan terakhir untuk memenuhi
tujuan penelitian. Hasilnya, setelah menganalisis data yang dikumpulkan menggunakan analisis Korelasi
Rank Spearman, hasilnya menunjukkan bahwa familiaritas penulis, keterlibatan pelanggan atau customer
engagement, dan perceived value yang dirasakan secara signifikan terkait dengan niat beli konsumen.
Ditemukan juga bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nilai yang dirasakan adalah keterampilan penulis,
ide cerita, dan customer engagement, sedangkan customer engagement sendiri dapat terjadi tergantung pada
seberapa menarik ide cerita, familiaritas penulis, promosi yang dilakukan penulis, serta kegiatan vote for
vote dan comment for comment yang dilakukan oleh penulis. Studi ini dapat memberikan implikasi praktis
sebagai referensi bagi penulis Wattpad serta penerbit yang ingin menerbitkan novel yang ditulis di platform
tersebut, yang dapat menguntungkan mereka dalam memasarkan produk mereka dengan memberikan
wawasan tentang audiens yang ditargetkan, sambil memberikan implikasi teoritis sebagai referensi untuk
mengembangkan model yang lebih luas dan lebih lengkap yang menjelaskan bagaimana platform menulis
dan membaca online mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan.