digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Pridya Equita Millianda
PUBLIC Taupik Abidin

Wattpad adalah situs web dan aplikasi online yang dibuat untuk menerbitkan cerita buatan pengguna, yang bertujuan untuk menciptakan jejaring sosial seputar cerita untuk penulis baru maupun penulis yang telah lama berkecimpung di dunia literasi. Wattpad membantu calon penulis menemukan audiens, juga menawarkan konten kepada penerbit buku konvensional, pengiklan, dan produser film dan TV, selain memberi mereka wawasan tentang cerita dan subjek yang menurut audiens menarik (Steiner, A, 2017 ). Sejak popularitas Wattpad meroket di Indonesia sekitar tahun 2011, rak-rak fiksi di toko-toko buku di Indonesia kini didominasi oleh buku-buku yang diadaptasi dari Wattpad, dan jumlah rak-rak fiksi yang berisi buku-buku dari penulis non-Wattpad semakin sedikit. Namun, terlepas dari kenyataan bahwa jumlah novel Wattpad cukup banyak di rak buku, jarang ada jurnal yang membahas hubungan antara penggunaan Wattpad oleh pembaca, dan niat mereka untuk membeli buku Wattpad versi cetak, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi jarak yang ada dengan mengeksplorasi hubungan antara Wattpad dengan minat konsumen untuk membeli buku hard copy. Di dalamnya, peneliti juga akan menganalisis alasan mengapa penulis memutuskan untuk mempublikasikan cerita mereka secara online di Wattpad untuk menganalisis lebih lanjut perilaku mereka. Survei kuantitatif dilakukan di antara 325 responden yang telah menggunakan aplikasi Wattpad setidaknya selama 6 bulan terakhir untuk memenuhi tujuan penelitian. Hasilnya, setelah menganalisis data yang dikumpulkan menggunakan analisis Korelasi Rank Spearman, hasilnya menunjukkan bahwa familiaritas penulis, keterlibatan pelanggan atau customer engagement, dan perceived value yang dirasakan secara signifikan terkait dengan niat beli konsumen. Ditemukan juga bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nilai yang dirasakan adalah keterampilan penulis, ide cerita, dan customer engagement, sedangkan customer engagement sendiri dapat terjadi tergantung pada seberapa menarik ide cerita, familiaritas penulis, promosi yang dilakukan penulis, serta kegiatan vote for vote dan comment for comment yang dilakukan oleh penulis. Studi ini dapat memberikan implikasi praktis sebagai referensi bagi penulis Wattpad serta penerbit yang ingin menerbitkan novel yang ditulis di platform tersebut, yang dapat menguntungkan mereka dalam memasarkan produk mereka dengan memberikan wawasan tentang audiens yang ditargetkan, sambil memberikan implikasi teoritis sebagai referensi untuk mengembangkan model yang lebih luas dan lebih lengkap yang menjelaskan bagaimana platform menulis dan membaca online mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan.