2021 SK PP Bernadetta Nadya Amarani Sitompul [19018030] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Taupik Abidin
Dengan teknologi internet yang berkembang pesat, konsumen dapat dengan cepat memperoleh informasi dari orang lain yang telah mencoba suatu produk secara online yang biasa disebut dengan electronic word-of-mouth (e-WOM). Beauty vlogger adalah bentuk e-WOM untuk menghasilkan konten terkait kecantikan seperti video ulasan. Dengan komunikasi interaktif dari mulut ke mulut di YouTube, WOM memiliki potensi jangkauan yang luas dan telah menarik banyak perusahaan untuk mengadopsi ulasan beauty vlogger sebagai alat strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak ulasan beauty vlogger sebagai electronic word of mouth terhadap citra merek dan niat beli brand skincare dengan mensurvei 248 responden wanita yang telah menonton video ulasan produk skincare oleh beauty vlogger Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan metode statistik PLS-SEM terlibat dalam menganalisis data. Hasilnya menunjukkan ulasan beauty vlogger sebagai e-WOM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek dan niat beli; juga, citra merek memiliki dampak pada niat beli konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan bagi brand skincare yang bermitra dengan beauty vlogger dalam mereview produknya untuk mempromosikan citra merek dan meningkatkan minat beli konsumen.
Perpustakaan Digital ITB