digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Persepsi masyarakat terhadap korporasi menjadi faktor penting bagaimana hubungan korporasi dengan masyarakat sekitar dan bagaimana perlakuan korporasi terhadap dampak yang ditimbulkan dari korporasi terhadap masyarakat sekitar. Bandung Zoological Garden merupakan sebuah industri pariwisata yang memiliki kedekatan secara wilayah dengan masyarakat lebak siliwangi khususnya RW 07 dan RW 08. Tanggung jawab sosial korporasi menjadi bagian penting dalam membangun hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab adanya persepsi negatif dari masyarakat terhadap Bandung Zoological Garden khususnya di RW 07 dan RW 08. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus Yin (Yin : 2013). Studi kasus ini untuk menjelaskan kasus secara runtut dan jelas dengan 3 analisis, yaitu penjodohan pola, membuat eksplanasi, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tanggung jawab korporasi berpengaruh terhadap reputasi korporasi, citra korporasi, dan legitimasi sosial. Hal ini menimbulkan adanya persepsi negatif terhadap Bandung Zoological Garden dikarenakan kurang optimalnya Bandung Zoological Garden dalam membuat program tanggung jawab korporasi dan kebijakan yang cenderung merugikan masyarakat sekitar.