Persepsi masyarakat terhadap korporasi menjadi faktor penting bagaimana hubungan
korporasi dengan masyarakat sekitar dan bagaimana perlakuan korporasi terhadap
dampak yang ditimbulkan dari korporasi terhadap masyarakat sekitar. Bandung
Zoological Garden merupakan sebuah industri pariwisata yang memiliki kedekatan
secara wilayah dengan masyarakat lebak siliwangi khususnya RW 07 dan RW 08.
Tanggung jawab sosial korporasi menjadi bagian penting dalam membangun
hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penyebab adanya persepsi negatif dari masyarakat terhadap Bandung
Zoological Garden khususnya di RW 07 dan RW 08. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus Yin (Yin : 2013). Studi kasus ini
untuk menjelaskan kasus secara runtut dan jelas dengan 3 analisis, yaitu penjodohan
pola, membuat eksplanasi, dan analisis deret waktu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tanggung jawab korporasi berpengaruh
terhadap reputasi korporasi, citra korporasi, dan legitimasi sosial. Hal ini menimbulkan
adanya persepsi negatif terhadap Bandung Zoological Garden dikarenakan kurang
optimalnya Bandung Zoological Garden dalam membuat program tanggung jawab
korporasi dan kebijakan yang cenderung merugikan masyarakat sekitar.
Perpustakaan Digital ITB