digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini menyelidiki apakah faktor persepsi orang muda (yaitu masalah privasi, pengalaman negatif sebelumnya, dan perceived ad clutter) memberikan pengaruh formatif pada respon pasar yaitu penghindaran iklan. Penelitian saat ini berfokus pada online behavioral advertising (OBA), suatu bentuk periklanan yang mengumpulkan aktivitas daring konsumen untuk menampilkan iklan yang relevan dan bertarget. Survei dalam jaringan dengan pengisian mandiri (n = 142) dianalisis menggunakan partial least square structural equation modelling (PLS-SEM) untuk memahami bagaimana faktor yang mendasari tersebut menciptakan pendorong penghindaran untuk iklan spanduk bertarget di situs web, aplikasi seluler, dan situs belanja. Temuan empiris melaporkan hubungan yang positif dan signifikan dengan terjadinya penghindaran iklan seperti yang ditunjukkan dalam prediktornya. Selain itu, pengalaman negatif sebelumnya ditemukan menjadi pendahulu paling signifikan yang menjelaskan penghindaran OBA.