digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TS PP CELVIN TAUHID ALLRAYSA 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Penelitian ini membahas produk kolaboratif dengan studi kasus penelitian berupa produk kolaboratif dari merek Eagle dengan grup musik Slank dan penyanyi rap Young Lex. Penelitian ini adalah penelitian campuran dimana bobot penelitian lebih berat kepana metode kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan berupa proses desain dari produsen Eagle dan identifikasi faktor yang mempengaruhi kurangnya awareness yang didasari oleh proses desain yang dilakukan dalam merancang produk kolaboratif. Seperti pemilihan kolaborator yang tidak sesuai dengan citra dari merek, pemilihan silhouette dari produk, hingga pengaplikasian detail visual yang tidak menggambarkan karakter musisi seperti yang diketahui oleh masyarakat sebagai konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi terhadap produsen maupun desainer dalam merancang produk kolaboratif. Di bidang akademis juga diharapkan menjadi pembuka penelitian-penelitian baru terkait dengan sneakers kolaboratif maupun produk-produk kolaboratif lainnya.