Cover
PUBLIC karya Abstrak
PUBLIC karya Abstract
PUBLIC karya Lembar Pengesahan
PUBLIC karya Tugas Akhir
PUBLIC karya
Pesawat perlu berada pada sudut 3° saat akan melakukan pendaratan pada landasan
bandara agar pendaratan berjalan dengan baik. Pada final landing phase, salah satu lampu
yang penting digunakan dalam sebuah lapangan bandar udara adalah lampu Precision
Approach Path Indicator (PAPI). Lampu PAPI berfungsi sebagai pembantu visual bagi pilot
untuk memastikan pesawat memiliki sudut pendaratan yang sesuai. Metode saat ini yang
digunakan untuk memeriksa keadaan lampu perlu menggunakan sebuah pesawat khusus dan
memakan biaya yang besar. Keadaan ini menyulitkan bagi bandara-bandara kecil di luar kota
besar untuk melakukan kalibrasi terhadap lampu PAPI. Salah satu komponen yang harus
dikalibrasi adalah sudut elevasi dari lampu PAPI. Setiap lampu PAPI memiliki kemiringannya
sendiri yang harus didekati sampai dengan ketelitian mencapai menit. Dalam dokumen ini,
dijelaskan mengenai perancangan instrumen untuk mengecek nilai elevasi lampu PAPI
menggunakan metode analisis warna Delta E. Instrumen yang dibuat akan memiliki
kemampuan untuk melakukan pergerakan sesuai dengan sudut lampu PAPI dan pengambilan
gambar untuk analisis menggunakan web camera. Pada bagian tengah lampu PAPI, terdapat
warna perantara yaitu warna pink yang bisa digunakan untuk mengetahui sudut tengah lampu
PAPI. Metode Delta E sendiri merupakan salah satu algoritma untuk menghitung jarak antara
dua warna berdasarkan diagram pada color space CIE Lab. Algoritma tersebut digunakan
untuk membandingkan warna lampu yang didapatkan dari web camera dengan warna referensi
pink pada buku manual lampu PAPI. Pencarian warna tersebut direalisasikan melalui proses
eksplorasi menggunakan BH1750, nema 17 dan kerangka yang menggunakan threaded rod
untuk pergerakan secara vertikal. Instrumen ini dikembangkan bersama dengan Balai Teknik
penerbangan sebagai penyedia lampu PAPI untuk pengujian dari instrumen. Hasil
menunjukan bahwa metode ini memberikan nilai pengukuran sudut elevasi yang akurat
dengan error kurang dari 3’.