Article Details

KAJIAN SIFAT TAHAN API DAN SIFAT TEKAN KOMPOSIT SANDWICH 3D TENUNAN SERAT GELAS – POLIESTER UNTUK APLIKASI LANTAI KERETA API RINGAN

Oleh   Dodi Ihsan Taufiq [23716003]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Hermawan Judawisastra, M.Eng.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FTMD - Teknik dan Ilmu Material
Fakultas : Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
Subjek :
Kata Kunci : aluminium hidroksida, komposit sandwich tenunan 3D, sifat tahan api, kekakuan tekan inti, kekuatan tekan inti.
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-03-16 14:28:51

Komposit sandwich tenunan 3D memiliki ketahanan terhadap delaminasi yang tinggi, tetapi memiliki sifat tekan inti lebih rendah dibandingkan jenis material sandwich lain. Komposit sandwich 3D akan diaplikasikan pada panel lantai kereta api ringan di Indonesia untuk mengurangi berat gerbong kereta. Dalam aplikasi ini selain dibutuhkan densitas rendah dan dimensi yang sesuai, dibutuhkan pula ketahanan api dan sifat tekan yang memenuhi kriteria lantai kereta api tersebut. Dalam penelitian ini, dikaji sifat tahan api dan sifat tekan komposit sandwich tenunan 3D. Komposit sandwich tenunan 3D dibuat dengan metode laminasi manual dengan penambahan aluminium hidroksida dan jumlah lapisan preform. Sifat ketahanan api dievaluasi dengan pengujian bakar sesuai dengan standar ORE B 102. Sifat tekan inti komposit sisi kulit dievaluasi dengan pengujian tekan. Komposit sandwich tenunan 3D serat gelas – poliester untuk aplikasi panel lantai kereta api ringan Indonesia berhasil dibuat dengan komposisi : 3 lapis preform tenunan 3D, minimum 1 lapis preform 2D, dan rasio berat aluminium hidroksida minimum 40%. Komposit sandwich ini memiliki masa jenis 0,448 g/cm3, ketebalan 19,71 mm, ketahanan api kategori A, kekakuan tekan 42,24 MPa, dan kekuatan tekan 3,58 MPa. Penambahan aluminum hidroksida meningkatkan massa jenis komposit sandwich. Penambahan aluminium hidroksida meningkatkan ketahanan api komposit sandwich. Penambahan aluminium hidroksida dan penambahan lapisan preform serat gelas 3D meningkatkan kekakuan dan kekuatan tekan sisi kulit komposit sandwich tenunan 3D serat gelas – poliester.

Cari