Model rem tangan otomatis berbasis kemiringan jalan dengan metode observer
Luenberger merupakan sistem yang dirancang untuk memperagakan cara kerja rem tangan
otomatis pada jalan datar, turunan, dan tanjakan menggunakan observer Luenberger untuk
mengestimasi kemiringan jalan. Sistem rem tangan yang dibuat berfungsi secara otomatis
dengan fitur hill-hold dan hill-assist untuk membantu pengemudi. Kemiringan jalan
diestimasi dengan observer Luenberger sehingga sistem tidak memerlukan sensor
kemiringan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model rem tangan otomatis,
merancang sistem kendali, dan mengidentifikasi parameter observer Luenberger agar model
mampu memperagakan cara kerja sistem rem tangan otomatis sebenarnya. Penelitian
dilakukan dengan melakukan perancangan sistem kendali, sistem elektrik, dan sistem
mekanik pada suatu model sistem rem tangan otomatis berbasis kemiringan jalan. Sistem
kendali menggunakan metode observer Luenberger untuk mengestimasi kemiringan jalan
tanpa perlu menambah sensor pada kendaraan. Aksi kontrol yang digunakan adalah closeloop
proporsional. Sistem elektrik menggunakan aktuator berupa motor DC sebagai model
mesin kendaraan, kemiringan jalan, dan rem otomatis. Sistem mekanik dibuat sebagai alat
peraga dan alat bantu untuk penempatan komponen-komponen elektrik.
Hasil dari penelitian ini adalah model sistem rem tangan otomatis dan kinerja sistem
kendali yang mampu memberikan fitur hill-hold dan hill-assist seperti sistem rem tangan
otomatis sesungguhnya. Kinerja yang diperoleh adalah berupa respon obsever Luenberger
untuk mengestimasi model kemiringan jalan dan respon torsi pengereman agar kendaraan
tidak tergelincir pada kemiringan jalan tertentu. Pengujian dilakukan dengan tiga kategori
kemiringan jalan, yaitu jalan datar, turunan, dan tanjakan.
Perpustakaan Digital ITB