COVER Wahyudi Saputra
PUBLIC Alice Diniarti BAB 1 Wahyudi Saputra
PUBLIC Alice Diniarti BAB 2 Wahyudi Saputra
PUBLIC Alice Diniarti BAB 3 Wahyudi Saputra
PUBLIC Alice Diniarti BAB 4 Wahyudi Saputra
PUBLIC Alice Diniarti BAB 5 Wahyudi Saputra
PUBLIC Alice Diniarti PUSTAKA Wahyudi Saputra
PUBLIC Alice Diniarti
Pada transmisi manual atau transmisi otomatis yang konvensional mesin kendaraan sering
beroperasi pada putaran yang tidak optimum. Hal ini disebabkan karena sistem transmisi
tersebut masih terdiri atas sejumlah rasio tingkat kecepatan yang tetap. Constant Speed
Drive (CSD) merupakan transmisi hidromekanik yang dapat menghasilkan putaran konstan
untuk putaran masukan berubah-ubah. CSD mampu mengubah perbandingan rasio putaran
yang masuk dengan putaran yang keluar secara otomatis dan kontinyu. Dengan kata lain,
CSD merupakan sebuah transmisi kontinyu atau Continuous Variable Transmision (CVT).
Pada penelitian ini, prinsip kerja mekanisme CSD akan digunakan untuk merancang
sebuah sistem CVT.
Tahap-tahap penelitian adalah menetapkan persyaratan desain dan target perancangan
(design requirement and objectives, DR&O), menentukan spesifikasi komponenkomponen
perangkat keras, menyiapkan komponen tersebut, membangun perangkat lunak,
mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak serta melakukan pengujian
terhadap sistem hasil rancangan. Hasil perancangan adalah sebuah perangkat sistem
kendali CVT berbasis CSD yang terdiri dari mikrokontroler, H-bridge motor driver, motor
DC dan perangkat penampil data.
Hasil pengujian dan simulasi menunjukan bahwa sistem kendali CVT berbasis CSD
mampu memberikan rasio gigi aktual (gear ratio actual,GRA) menyamai nilai rasio gigi
ideal yang menjadi acuan (gear ratio reference,GRR). Pengendalian dilakukan terus
menerus secara real time untuk mengikuti setiap perubahan kondisi pengemudian.