Article Details

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM KENDALI CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) BERBASIS MEKANISME CONSTANT SPEED DRIVE (CSD)

Oleh   Wahyudi Saputra [23607017]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Edy Suwondo;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FTMD - Teknik Dirgantara
Fakultas : Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
Subjek : Engineering & allied operations
Kata Kunci : Design Requirement and Objectives (DR&O); CVT; CSD.
Sumber :
Staf Input/Edit : Alice Diniarti   Ena Sukmana
File : 7 file
Tanggal Input : 2019-08-14 14:41:37

Pada transmisi manual atau transmisi otomatis yang konvensional mesin kendaraan sering beroperasi pada putaran yang tidak optimum. Hal ini disebabkan karena sistem transmisi tersebut masih terdiri atas sejumlah rasio tingkat kecepatan yang tetap. Constant Speed Drive (CSD) merupakan transmisi hidromekanik yang dapat menghasilkan putaran konstan untuk putaran masukan berubah-ubah. CSD mampu mengubah perbandingan rasio putaran yang masuk dengan putaran yang keluar secara otomatis dan kontinyu. Dengan kata lain, CSD merupakan sebuah transmisi kontinyu atau Continuous Variable Transmision (CVT). Pada penelitian ini, prinsip kerja mekanisme CSD akan digunakan untuk merancang sebuah sistem CVT. Tahap-tahap penelitian adalah menetapkan persyaratan desain dan target perancangan (design requirement and objectives, DR&O), menentukan spesifikasi komponenkomponen perangkat keras, menyiapkan komponen tersebut, membangun perangkat lunak, mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak serta melakukan pengujian terhadap sistem hasil rancangan. Hasil perancangan adalah sebuah perangkat sistem kendali CVT berbasis CSD yang terdiri dari mikrokontroler, H-bridge motor driver, motor DC dan perangkat penampil data. Hasil pengujian dan simulasi menunjukan bahwa sistem kendali CVT berbasis CSD mampu memberikan rasio gigi aktual (gear ratio actual,GRA) menyamai nilai rasio gigi ideal yang menjadi acuan (gear ratio reference,GRR). Pengendalian dilakukan terus menerus secara real time untuk mengikuti setiap perubahan kondisi pengemudian.