ABSTRAK Tafryan Agsan Masera
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
COVER Tafryan Agsan Masera
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Tafryan Agsan Masera
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Tafryan Agsan Masera
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Tafryan Agsan Masera
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Tafryan Agsan Masera
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Tafryan Agsan Masera
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Tafryan Agsan Masera
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Baja tahan karat AISI 316L banyak diaplikasikan dalam berbagai hal di sektor industri,
seperti heat exchanger, boiler, turbine, furnace dan automotive exhaust system, karena baja
tahan karat AISI 316L memiliki keuletan, formability, ketangguhan dan ketahanan korosi yang
sangat baik, serta dapat dioperasikan pada lingkungan kerja bertemperatur tinggi hingga
800oC. Baja tahan karat AISI 316L cukup rentan terhadap pengikisan pada permukaannya
akibat erosi oleh partikel asing yang keras. Permukaan baja tahan karat AISI 316L perlu
dilapisi oleh material lain yang memiliki nilai kekerasan dan ketahanan aus yang tinggi, seperti
Cr3C2-20NiCr. High Velocity Oxygen Fuel (HVOF) adalah salah satu cara melapisi permukaan
baja tahan karat AISI 316L.
Penelitian ini akan mempelajari ketahanan erosi temperatur tinggi baja tahan karat AISI
316L yang permukaannya dilapis dengan serbuk Cr3C2-20NiCr. Cr3C2 dipilih sebagai matriks
karena memiliki kekerasan yang tinggi, serta ketahanan abrasif dan erosi yang sangat baik.
Penambahan NiCr dimaksudkan sebagai binder dan untuk meningkatkan ketangguhan coating.
Jumlah Alur nosel yang digunakan dalam proses HVOF ini terdiri dari tiga jenis, yaitu nosel
tanpa alur, 2 alur dan 4 alur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lapisan coating Cr3C2-20NiCr hasil HVOF
menggunakan nosel 4 alur memiliki lapisan coating yang paling baik dibandingkan dengan
nosel tanpa alur dan 2 alur, dimana nilai erosion value nosel 4 alur adalah yang paling rendah
untuk setiap sudut erosi 30o, 60o dan 90o, dengan nilai erosion value secara berturut-turut
yaitu 0,0085; 0,033 dan 0,067 mm3.g-1.
Perpustakaan Digital ITB