digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Felix
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

BAB 1 Felix
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

BAB 2 Felix
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

BAB 3 Felix
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

BAB 4 Felix
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

BAB 5 Felix
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

PUSTAKA Felix
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

Emisi gas kendaraan bermotor berdampak buruk terhadap kualitas lingkungan hidup dan kesehatan manusia. Regulasi emisi gas buang dari tahun ke tahun pun semakin ketat. Kualitas campuran bahan bakar dan udara memengaruhi emisi gas buang. Pada sistem injeksi langsung ke dalam saluran masuk, fenomena atau interaksi antara bahan bakar yang diinjeksikan dan udara merupakan salah satu proses utama yang perlu diperhatikan karena memengaruhi kualitas gas buang dan kinerja dari mesin. Pengetahuan mengenai karakteristik dari interaksi tersebut akan berguna dan akan membantu dalam menentukan sudut injeksi yang baik serta dalam merancang saluran masuk yang optimum. Metode Computational Fluid Dynamics (CFD) yang disediakan oleh perangkat lunak Fluent akan digunakan dalam menyimulasikan proses interaksi antara bahan bakar dan udara. Geometri saluran masuk dari motor yamaha vixion digunakan sebagai model dalam simulasi. Fluida bahan bakar akan diinjeksikan pada beberapa sudut injeksi dan akan berinteraksi dengan aliran udara yang menggambarkan putaran mesin yang berbeda-beda. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sudut injeksi 60° menghasilkan profil injeksi yang aktif membasahi dinding saluran masuk dan fluida menyebar dan terkonsentrasi di tempat tertentu pada saluran masuk. Sebaran bahan bakar pada sudut injeksi 30° menghasilkan endapan pada permukaan yang luas di sekitar saluran masuk dan pada putaran 4000 rpm dan 6000 rpm, penetrasi fluida cairan membentur dinding saluran masuk. Sudut injeksi 45° merupakan sudut penginjeksian yang terbaik karena menghasilkan sebaran bahan bakar yang minimum dalam membasahi dinding saluran masuk. Sudut injeksi 45° sesuai dengan design sudut injeksi motor yamaha vixion sebenarnya.