ABSTRAK:
Lippo Bank adalah bank swasta nasional yang berstatus sebagai bank devisa papan atas dengan total aset Rp 7.629.579.000.000,- terhitung pada Januari 1996. Bank ini bergerak di bidang pelayanan jasa perbankan salah satu melalui tabungan. Saat ini produk tabungan dari Lippo bank berupa Tahapan Lippo, Tahapan Lippo Yunior, Super Savings dan Star Savings. Dalam melakukan kegiatan operasi Lippo bank didukung dengan 6.714 karyawan, 290 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia dan sistem jaringan komputer yang on line di seluruh cabang di Indonesia.
Karya Akhir ini mengambil topik tentang strategi kedekatan pelanggan pada Lippo bank dalam menghimpun dana masyarakat melalui produk tabungan. Dengan adanya deregulasi ekonomi nasional dan dirnulainya era globalisasi yang ditandai dengan dibukanya pasar dalam negeri terhadap pihak asing dan membuka kesempatan pihak nasional untuk dapat memanfaatkan pasar internasional, maka dengan demikian pemerintah tidak dapat lagi memberikan proteksi kepada bank-bank nasional dari serangan-serangan pihak asing. Dengan kondisi ini, kondisi pasar domestik menjadi sangat kompetitif dikarenakan kompetensi persaingan dunia perbankan nasional akan diikuti oleh pernimpin-pemimpin pasar kelas dunia, terutama yang berorientasi pada product leader dan operasional execellence. Disamping itu perilaku nasabah yang kurang loyal terhadap bank tnerupakan ancaman tersendiri bagi pihak bank. Dengan kondisi demikian strategi yang paling tepat untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia adalah strategi kedekatan pelanggan yang memberikan solusi total terbaik kepada nasabah. Solusi total terbaik yang diberikan pihak bank kepada nasabah tidak hanya dapat memnaskan nasabah tapi juga dapat membuat setiap nasabah menjadi lebih bernilai.
Langkah-langkah yang diiakukan dalam menentukan usulan strategi ini terdiri atas :
1. Identifikasi; evaluasi atas strategi yang ada
2. Analisa iingkungan; audit atas kecenderungan lingkungan luas dan struktur industri untuk menentukan peluang yang ada
3. Analisa internal; mengaudit sumber-sumber daya yang dimiiiki serta kemampuan perusahaan
4. Analisa tingkat persaingan; audit atas tingkat persaingan inovatif, kompetitif dan produk perbankan yang ada
5. Usulan fonnulasi strategi dan pemilihan nilai keunggulan perusahaan; pada bagian ini ditentukan nilai keunggulan yang akan diberikan perusahaan kepaa nasabah sesuai dengan harapan mereka.
6. Pembentukan operating model; pembentukan operating model yang unggul untuk mencapai disiplin nilai yang ditetapkan.
Berdasarkan analisa yang dilakukan maka strategi fokus yang berorientasi pada kedekatan pelanggan merupakan strategi yang paling tepat untuk dapat bersaing di pasar global. Dengan strategi tersebut Lipp bank dapat meredam keunggulan-keunggulan yang dimiliki bank asing atau bank-bank pesaing lainnya, memberikan solusi total terbaik kepada nasabah berupa nilai uang yang diharapkan.
Agar loyalitas nasabah meningkat maka Lippo bank hams dapat membuat produk tabungan yang dapat memenuhi nilai abadi nasabah yang ada pada setiap nasabah. Nilai abadi nasabah merupakan nilai-nilai uang yang diciptakan untuk memenuhi nilai dan gaya hidup nasabah pada saat remaja, dewasa clan lanjut usia. Dengan nilai abadi yang dimiliki tersebut nasabah tidak hanya mendapatkan kepna.san yang sangat diharapkan lebih dari itu nilai abadi nasabah tersebut membuat nasabah lebih bernilai dalam kehidupan di dunia.
Perpustakaan Digital ITB