digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Mengembangkan teori elastisitas hukum Hooke pada material anisotropik. Bahan anisotropik dari komposit karbon merupakan alternatif dalam mereduksi bobot struktur. Disamping lebih kaku dan kuat memikul beban, juga dapat dibentuk sehingga mudah memenuhi persyaratan statika. Beban, diantisipasi dengan mengarahkan serat karbonnya dan menkonfigurasikannya bila diperlukan. Peristiwa tekuk akibat beban tekan dapat bersifat katastropik, tetapi dengan laffiinat dari serat lamina unidirectional continue ini tidak demikian karena keruntuhannya perlahan-lahan. Tahan terhadap perubahan cuaca, meredam getaran, koefisien termalnya dapat diatur, maka dengan sifat ini pula, sehingga pelat karbon epoksi ini digunakan dalam industri pesawat sebagai pelat permukaan pada badan dan sayap. Demikian pula dalam industri kapal laut, otomotif dan lain-lain. Pelat komposit segi empat dengan konfigurasi serat [±45]4s dan [±45/9O]ZS sepasang sisinya bertumpuan jepit dan sepasang sisi lainnya bebas dan dengan masing-masing tiga variasi rasio panjang terhadap lebar, tegangan tekuk teoritis akibat beban tekan uni aksial pada tepi jepitnya, diperoleh dengan menggunakan program komputer Nastran. Menggunakan pendekatan " metoda pengujian kolom ", maka dengan data-data peningkatan beban dan defleksi lateral pelat yang diperoleh dalam percobaan tekuk, didapat beban tekuk pelat. Beban tekuk ini kemudian untuk masing-masing konfigurasi serat dibandingkan dengan beban tekuk pelat teoritis sebelumnya