digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Centrum Laundry merupakan salah satu penyedia jasa cuci yang berada di area Jatinangor. Perusahaan menyediakan berbagai jenis layanan jasa cuci dengan layanan utamanya berupa jenis layanan pencucian baju reguler (2 hari pengerjaan). Saat ini perusahaan sedang mengalami masalah berupa komplain pelanggan terhadap hasil dari kualitas pencucian yang didapatkan. Kualitas pencucian yang diberikan berpengaruh pada tingkat kepuasan konsumen. Penulis menjadikan masalah ini sebagai dasar untuk melakukan penelitian melalui pengumpulan dan analisis data. Tujuan dari riset ini adalah untuk menemukan penyebab masalah utama untuk kemudian dilakukan perbaikan terhadap kualitas hasil cucian. Perbaikan dilakukan dengan mengimplemenpasikan six sigma metode DMAIC. Six sigma metode DMAIC digunakan dalam penelitian untuk membantu peneliti dalam mengidentifikasi penyebab masalah, pengukuran masalah, dan menentukan strategi perbaikan kedepannya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari perusahaan Centrum Laundry. Selain itu peneliti melakukan wawancara kepada pemilik Baraya Laundry, salah satu penyedia jasa laundry di Jatinangor untuk dijadikan sebagai percontohan dan dasar dalam melakukan perbaikan kualitas hasil cucian. Diketahui dari hasil analisa data, didapatkan cacat pada proses bisnis Centrum laundry. Dengan nilai DPMO (defect per million opportunities) 126 dengan level sigma 5.148. Selain itu diketahui dua cacat dengan presentasi yang tinggi yaitu cacat pada keterlambatan proses dan cacat baju hilang. Terdapat beberapa saran perbaikan bagi perusahaan Centrum Laundry dalam mengatasi kedua masalah tersebut antara lain penambahan jumlah mesin cuci baru, penambahan pegawai, dan membuat jadwal untuk jenis pencucian kilat. Perbaikan dilakukan pada kedua cacat tersebut dan menghasilkan strategy perencanan berupa rancangan bisnis proses baru untuk diterapkan pada perusahaan Centrum Laundry dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang berpengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan.