digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Saat ini industri busana muslim di Indonesia berkembang sangat cepat. Busana muslim sudah menjadi salah satu pasar yang kuat dengan inovasi yang tinggi dan pertumbuhan yang eksponesial. Akibatnya terdapat banyak merek busana muslim yang bersaing untuk dapat masuk ke pasar yang sama. Pastel Chic sebagai merek baru busana muslim berusaha untuk dapat menarik perhatian konsumen dengan produk yang berbeda. Namun setelah berjalan selama 4 bulan, tidak ada peningkatan yang signifikan dalam hal penjualan. Persaingan yang ketat, tingginya biaya produksi, dan kurangnya kesadaran di media sosial merupakan masalah yang dihadapi oleh Pastel Chic sehingga mengakibatkan tidak tercapainya target penjualan. Oleh karena itu, perusahaan harus membuat strategi agar bisa bertahan dan terus berkembang di pasar yang hypercompetitive ini. Setelah menganalisis masalah yang mengacu pada conceptual framework, dalam penelitian ini ditemukan tiga hal yang menjadi akar masalah yang mengakibatkan tidak tercapainya target penjualan yaitu tidak direncanakannya kapasitas produksi, komunikasi pemasarang yang tidak maksimal dan karakteristik desain produk yang tidak kuat. Analisis terhadap akar masalah yang dihadapi oleh Pastel Chic ditentukan berdasarkan pada conceptual framework yang terdiri dari analisis pesaing, perencanaan kapasitas, dan integrated marketing communication. Dengan menganalisis ketiga konsep tersebut, strategi baru diharapkan bisa diperoleh dan diimplementasikan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan brand awareness serta meningkatkan penjualan dan keuntungan. Untuk menyelesaikan akar masalah tersebut, perusahaan harus melakukan perencanaan kapasitas yang tepat, integrated marketing communication serta perencanaan dan perkembangan produk. Dalam perencanaan kapasitas, perusahaan akan menentukan berapa jumlah optimum kapasitas produksi dan mesin yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dalam perencanaan dan perkembangan produk, perusahaan akan melakukan beberapa peningkatan dalam produknya. Sedangkan dalam integrated marketing communication, perusahaan akan membuat beberapa strategi untuk mempromosikan bisnis dan posisi produknya di pasar. Semua solusi ini dapat digunakan sebagai solusi komprehensif untuk meningkatkan awareness dan pencapaian akan target penjualan. Rencana implementasi ini akan dilakukan terhadap semua solusi yang telah dipilih. Setiap implementasi terdiri dari aktifitas, sumber daya dan timeline. Semua implementasi tersebut akan dimplementasikan selama satu tahun dan akan dievaluasi setiap 3 bulan sekali. Kata Kunci: Integrated Marketing Communication, perencanaan dan perkembangan produk, produk busana muslim.