Seiring dengan berjalannya waktu, manusia semakin sadar akan bahaya polusi. Maka mulai diberlakukan aturan-aturan yang mengatur kadar kandungan gas buang kendaraan. Salah satunya adalah pengurangan kadar sulfur pada bahan bakar.
Pengurangan kadar sulfur ternyata mempengaruhi kadar senyawa aromatik yang berpengaruh pada kelumasan bahan bakar. Berkurangnya kelumasan bahan bakar berpengaruh pada kinerja sistem injeksi bahan bakar.
Penelitian ini akan merancang ulang alat uji HFRR yang berfokus pada modifikasi alat uji yang telah ada pada penelitian sebelumnya. Beberapa modifikasi akan ditambahkan pada alat uji agar dapat beroperasi sesuai dengan
kondisi kerja yang diinginkan. Kondisi kerja yang digunakan pada penelitian ini berdasarkan ASTM D 6079-99. Pengujian terhadap alat uji yang dirancang memperlihatkan bahwa alat uji belum dapat beroperasi maksimal sesuai dengan kondisi kerja berdasarkan ASTM D 6079-99. Sehingga perlu adanya modifikasi selanjutnya agar alat uji dapat beroperasi sesuai kondisi kerja yang dikehendaki. Akan tetapi secara
umum alat yang dibuat sudah mampu membedakan kelumasan dari beberapa bahan bakar dan mampu membuktikan operasi boundary lubrication yang dapat mengantarkan pada mekanisme keausan freeting.
Perpustakaan Digital ITB