Mobil terbang merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan akibat pertumbuhan jalan tidak seimbang dengan pertumbuhan volum lalu lintas. Mobil terbang Zenith dalam penelitian ini didesain berdasarkan kondisi operasi perkotaan menggunakan konsep alat pembangkit gaya angkat berupa sidepod. Desain memasukkan gabungan desain mobil dan pesawat dengan mempertimbangkan kondisi operasi perkotaan dan sidewind walaupun sidewind tidak dianalisa dalam
penelitian ini. Analisa dilakukan dengan CFD menggunakan structured mesh 3D geometri kompleks. Terdapat berbagai mesh yang dikembangkan berdasarkan 3 buah mesh dasar yaitu mesh kasus jarak 150%, 25%, dan 10%. Setiap mesh memiliki pertimbangan kondisi fisik berupa lapisan batas, permukaan tanah, kecepatan masuk inlet fan dll. Keseluruhan simulasi numerik dilakukan berdasarkan kondisi permukaan air laut, kecepatan operasi pada jalan bebas hambatan tipikal di Eropa. Analisa dilakukan untuk melihat pengaruh sudut serang terhadap karakteristik aerodinamika tanpa ground effect. Perbandingan konfigurasi dengan dan tanpa sidepod dilakukan untuk melihat keefektifan sidepod. Pengaruh ground effect dilihat dari perubahan gaya dan karakteristik vortex terhadap ketinggian dari permukaan tanah.
Perpustakaan Digital ITB