Saat ini, bisnis di bidang kuliner menjadi tren yang menggoda bagi para pelaku. Khususnya di daerah Bandung, yang mayoritas penduduknya menyukai dunia kuliner. Bandung sendiri dikenal luas sebagai satu juta kota kuliner. Seiring dengan semakin tingginya tingkat keinginan publik, semakin banyak pelaku bisnis yang dipaksa untuk terus memberikan inovasi terbaru dalam hal dunia kuliner. Bakso Aci Ganteng adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner dan diklasifikasikan sebagai usaha mikro. Namun, penjualan di Jalan Bakso Aci Ganteng Japati stagnan atau menurun.
Untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan sukses, perusahaan harus menganalisis situasi lingkungannya yang memengaruhi kinerja perusahaan. Analisis lingkungan adalah alat strategis untuk mengidentifikasi semua elemen internal dan elemen eksternal. Dalam analisis internal, ada dua alat seperti analisis bauran pemasaran dan analisis STP. Dalam analisis eksternal, ada empat alat seperti analisis Lima Kekuatan Porter, analisis PEST, analisis pesaing, dan analisis konsumen menggunakan analisis deskriptif dan IPA. Penulis memilih dua strategi yang akan diusulkan kepada Bakso Aci Ganteng. Kedua strategi yang diusulkan yang dipilih oleh penulis adalah media sosial dan pendekatan diferensiasi. Penulis memilih dua strategi terutama karena pasti akan menghabiskan biaya lebih rendah dibandingkan dengan strategi alternatif lainnya. Dengan penelitian ini, strategi promosi dan diferensiasi media sosial digunakan untuk memecahkan masalah saat ini yang dihadapi bakso aci yang akan meningkatkan penjualan mereka berdasarkan strategi yang diusulkan yang akan dilaksanakan oleh mereka.
Perpustakaan Digital ITB