Dikarenakan tingginya persaingan dalam industri layanan pendingin udara, ROTAS sebagai salah satu pemain di Jakarta, menghadapi masalah akibat persaingan yang ketat dan kurangnya perencanaan strategis. Bisnis ini masih menjalankan operasi sehari-harinya dengan pendekatan reaktif tanpa rencana apa pun. Untuk mengatasi masalah ini, ROTAS perlu membuat strategi bisnis. Studi ini bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat dengan melakukan analisis internal (Analisis Rantai Nilai dan Analisis Fungsional) dan analisis eksternal (PESTEL dan Lima Kekuatan Porter). Pendekatan kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur kepada dua peserta kunci dari ROTAS untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh ROTAS. Analisis SWOT digunakan untuk mengumpulkan faktor internal dan eksternal serta menggunakan IFE dan EFE untuk menilai faktor-faktor tersebut, dan Matriks IE untuk menentukan jenis strategi. Strategi kompetitif generik Porter digunakan untuk menentukan strategi bisnis, sementara Matriks TOWS dikembangkan dari Analisis SWOT untuk menentukan Strategi fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ROTAS memiliki beberapa keunggulan, beberapa perbaikan masih diperlukan untuk tumbuh di pasar yang kompetitif ini. Strategi bisnis yang diusulkan dan rencana implementasinya berfokus pada perbaikan beberapa aspek, termasuk segmentasi B2B, memperkuat hubungan dengan pelanggan, optimalisasi pemasaran digital, membangun basis data dan sistem informasi, serta menciptakan ekstensi layanan baru. Pada akhirnya, inisiatif-inisiatif ini berkontribusi pada pertumbuhan bisnis secara keseluruhan dan memperkuat posisi ROTAS di pasar yang semakin kompetitif.
Perpustakaan Digital ITB