digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini Internet telah menjadi salah satu media paling penting yang dapat membantu kita dalam mengatasi semua masalah yang kita hadapi di kehidupan kita sehari-hari. Dalam dunia bisnis, kita dapat menggunakan internet untuk mempromosi servis / produk dengan menggunakan iklan yang kita letakan di situs web yang dikenal dengan istilah penampilan iklan. Ada berbagai macam jenis yang disediakan seperti banner atau iklan video. Ada beberapa aktor yang ikut serta dalam pembuatan penampilan iklan dan proses tersebut dinamakan dengan ekosistem penampilan iklan. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menjelaskan dan membandingkan ekosistem penampilan iklan dan aspek apa dari penetrasi internet yang memberi dampak kepada perkembangan penampilan iklan di Perancis dan Indonesia. Riset kualitatif akan dilakukan untuk mencari data di Perancis dengan melakukan wawancara agar mendapatkan informasi lebih dalam tentang bagaimana ekosistem nya berjalan. Mereka adalah orang yang bekerja di bisnis periklanan di sekitar kota Rennes dan Paris. Riset sekunder akan dilakukan untuk mendapatkan informasi untuk di Indonesia.