Permintaan sepeda listrik meningkat pesat sebagai solusi mobilitas yang efisien.
Namun, pengalaman berkendara sering terganggu oleh kompleksitas pengaturan
transmisi manual yang bergantung pada metode trial-and-error, yang
mengakibatkan inefisiensi energi dan kelelahan pengendara. Penelitian ini
bertujuan merancang algoritma decision-making otomatis berbasis Exhaustive
Search untuk merekomendasikan kombinasi Gear dan Assist secara optimal tanpa
membebani pengguna.
Algoritma diuji coba kemampuannya dalam merespons dinamika lingkungan. Hasil
simulasi menunjukkan sistem mampu bekerja secara proaktif, menjaga stabilitas
daya kayuhan pengendara secara konsisten pada target 100 Watt, bahkan saat
menghadapi tanjakan curam. Analisis konsumsi energi memperlihatkan bahwa
algoritma menerapkan strategi power-on-demand, di mana bantuan motor
dimaksimalkan hanya pada kondisi kritis dan diminimalkan secara drastis saat jalan
datar untuk penghematan baterai. Namun, disarankan agar penelitian selanjutnya
melakukan validasi eksperimental pada perangkat keras fisik untuk memverifikasi
performa sistem terhadap variabilitas kondisi dunia nyata.
Perpustakaan Digital ITB