digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Industri gim didominasi oleh pengembang gim independen yang umumnya memiliki keterbatasan sumber daya. Procedural content generation atau PCG menjadi solusi yang relevan bagi pengembang gim independen untuk menghasilkan konten dalam gim digital dengan kebutuhan sumber daya lebih sedikit. Namun, implementasi sistem PCG memunculkan kebutuhan-kebutuhan kualitas tersendiri. Kebutuhan kualitas tersebut dapat dibantu dengan arsitektur perangkat lunak yang sesuai. Metode evaluasi arsitektur perangkat lunak dapat digunakan untuk menilai kesesuaian tersebut. Saat ini, belum terdapat sebuah metode evaluasi arsitektur perangkat lunak yang khusus untuk mengevaluasi sebuah sistem PCG. Oleh karena itu, akan diajukan sebuah metode evaluasi arsitektur berbasis skenario untuk pengembang gim independen agar dapat mengevaluasi rancangan arsitektur sistem PCG. Metode ini divalidasi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan dinilai dengan metrik perceived usefulness (PU) dan perceived ease of use (PEOU). Nilai metrik yang didapatkan untuk PU sebesar 3,96 dan PEOU sebesar 3,54. Dari hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa metode yang dihasilkan cukup cocok untuk digunakan walaupun kemudahan penggunaan masih dapat ditingkatkan.