Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Perancangan dan implementasi instruksi penerbangan antara raspberry pi danflight controller cube orange menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Pemantauan kondisi infrastruktur jalan secara efisien merupakan kebutuhan penting, terutama pada daerah yang sulit dijangkau dan memiliki tingkat kerusakan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pencatatan otomatis lintasan penerbangan UA V yang mampu merekam data GPS dan video secara bersamaan, serta mendeteksi penyimpangan dari jalur waypoint yang telah ditentukan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini mencakup beberapa tahapan dari setiap subsistem yang telah ditentukan. Sistem yang dirancang juga dilengkapi dengan fitur unggahan data hasil penerbangan ke platform penyimpanan awan Azure dan antarmuka pengguna berbasis web. Evaluasi dilakukan menggunakan metrik Root Mean Square Error (RMSE) untuk akurasi dan System Usability Scale (SUS) untuk kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan sistem mampu mencapa1 akurasi lebih dari 90% dan tingkat kepuasan pengguna di atas 80%.
Penelitian ini berangkat dari misi untuk merancang sistem UA V yang mampu mencatat data lintasan dan video penerbangan secara otomatis guna mendukung pemantauan dan evaluasi penerbangan. Sistem ini dirancang dengan mengintegrasikan Raspberry Pi dan flight controller Cube Orange melalui komunikasi dua arah berbasis feedback digital menggunakan protokol MA VLink, sehingga memungkinkan pertukaran data posisi dan perintah secara real-time.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi antara perangkat keras dan perangkat lunak dapat mendukung pengembangan sistem UAVyang efektif untuk berbagai kebutuhan pemantauan. Sistem yang dikembangkan mampu mencatat data lokasi dan video selama penerbangan dan merekam video selama penerbangan berlangsung. Serta, sistem ini juga memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi sistem UA V yang lebih pintar dan otonom di masa depan. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa sistem bekerja efektif dalam skenario uji statis. N amun, sistem ini juga memiliki keterbatasan dalam kondisi lingkungan dinamis seperti gangguan sinyal GPS atau penerbangan otonom. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengembangkan sistem dengan pengujian dalam kondisi nyata di berbagai medan untuk meningkatkan keandalan dan skalabilitas sistem.
Perpustakaan Digital ITB