Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rencana pemasaran bisnis- ke-bisnis (B2B) bagi PT Tirta Maju Semesta dalam rangka meningkatkan penjualan air bersih. Pendekatan kualitatif digunakan dengan wawancara semi-terstruktur dengan pemangku kepentingan internal dan perwakilan PDAM yang dilengkapi dengan analisis dokumen dan observasi langsung. Populasi penelitian meliputi para pengambil keputusan internal di Kota Bogor dan mitra eksternal yang terlibat dalam bisnis air. Kerangka kerja VRIO, SWOT, PESTLE, dan QSPM digunakan untuk menganalisis data secara tematik dan melakukan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, PT Tirta Maju Semesta mengalami penjualan yang rendah karena kendala regulasi, preferensi klien industri terhadap air tanah, dan teknik komunikasi pemasaran yang tidak efektif. Penelitian ini mengusulkan strategi komunikasi B2B yang terarah, pemasaran berbasis segmentasi, dan penguatan kemitraan untuk meningkatkan penjualan. Strategi-strategi ini membantu perusahaan lebih selaras dengan kerangka regulasi dan menanggapi permintaan pasar industri. Implikasinya menunjukkan bahwa peningkatan keterlibatan pemangku kepentingan dan komunikasi nilai akan meningkatkan penjualan air dan mendukung praktik pengelolaan air berkelanjutan di sektor industri.
Perpustakaan Digital ITB