Abstrak:
Pada tesis ini telah dibangun sebuah perangkat lunak untuk memampatkan citra dengan menggunakan metode transformasi fraktal. Perangkat lunak ini diberi nama PCFrak (Pemampatan Citra dengan Transformasi Fraktal).
Prinsip dasar metode transformasi fraktal adalah mencari kecocokan bagian citra (disebut blok jelajah) yang memiliki kemiripan (self-similarity) dengan bagian lainnya (disebut blok ranah) yang berukuran lebih besar di dalam citra yang sama, lalu menurunkan transformasi affine yang memetakan blok ranah ke blok jelajah. Kumpulan transformasi affine tersebut dapat disimpan dalam jumlah bit yang lebih sedikit, sehingga diperoleh representasi citra dalam bentuk yang lebih mampat. Rekonstruksi citra semula dilakukan dengan melelarkan kumpulan transformasi affine tersebut dari citra awal sembarang. Citra yang diperoleh hampir mirip dengan citra semula. Pemampatan citra dengan metode ini termasuk ke dalam metode lossy.
Kelemahan metode transformasi fraktal adalah waktu pemampatannya yang lama, karena setiap blok jelajah harus dicocokkan dengan semua blok ranah. Waktu pemampatan dapat dikurangi dengan mengelompokkan blok ranah berdasarkan nilai rata-rata dan variansi intensitas pixel-nya. Pengelompokan ini menghasilkan 72 kelas blok. Pencocokan blok hanya dilakukan dengan blok-blok ranah di dalam kelas yang sama dengan kelas blok jelajah. Implementasi pada perangkat lunak menunjukkan bahwa cara pengelompokan ini, selain dapat mengurangi waktu pemampatan secara berarti, juga memberikan kualitas pemampatan yang memuaskan.
PCFrak diimplementasikan dengan kompilator Borland C++ Builder versi 1.0 dalam lingkup sistem operasi Windows 95. Citra yang dapat dimampatkan terbatas pada citra skala-abu (greyscale image) saja.
Perpustakaan Digital ITB