Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh databoks menyatakan bahwa sebanyak 46% masyarakat Indonesia memilih untuk berinvestasi pada emas. Sepanjang tahun 2024, harga emas mengalami peningkatan sebesar 36% yang mencerminkan bahwa emas semakin diminati oleh masyarakat dengan meningkatnya permintaan emas mencapai angka 12,7 ton. Data survey yang dilakukan oleh Populix menunjukkan bahwa 46% masyarakat menggunakan e-commerce seperti Tiktok Shop sebagai media untuk berbelanja perhiasan secara online. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa Toko Mas Gajah memiliki peluang untuk memasuki pasar yang berpotensi sangat besar. Ketidak selarasan antara minat masyarakat yang besar dalam membeli emas dengan penjualan Toko Mas Gajah yang cenderung tidak stabil perlu dilakukan evaluasi agar dapat memaksimalkan pendapatannya dengan melakukan analisis pada bagian mana Toko Mas Gajah belum berpotensi untuk mengembangkan peluangnya. Seiring perkembangan teknologi dimana saat ini masyarakat gemar untuk berbelanja secara online dan Toko Mas Gajah menyadari bahwa mereka belum memanfaatkan platform online tersebut dengan baik membuat mereka sadar untuk segera memasuki trend berbelanja dengan metode yang baru tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui platform social media dan e-commerce mana yang memiliki potensi terbaik atau paling disukai oleh konsumen, sehingga Toko Mas Gajah bisa menyesuaikan pemasaran digital yang perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan e-commerce terhadap keputusan pembelian online pada industri perhiasan di Indonesia, dengan faktor eksternal seperti analisis pesaing dan perilaku pelanggan sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 386 responden dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis SEM-PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, deskripsi produk, keamanan proses transaksi, dan analisis pesaing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Analisis pelanggan ditemukan memoderasi hubungan ini, khususnya dalam hal meningkatkan efektivitas CTA dan deskripsi produk. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi strategi pemasaran digital di industri perhiasan, menyoroti pentingnya memahami tindakan pesaing dan perilaku pelanggan untuk meningkatkan keputusan pembelian dan mendorong pertumbuhan penjualan online.
Perpustakaan Digital ITB