digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi dari kebanggaan organisasi terhadap hubungan antara persepsi program dampak sosial dan Perilaku Kewargaan Organisasi dalam konteks mahasiswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari 154 mahasiswa S1 Manajemen SBM ITB angkatan 2025 yang telah mengikuti mata kuliah Community Project. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi terhadap program dampak sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebanggaan organisasi (P?value=0.000), dan kebanggaan organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB (P?value=0.000). Temuan utama penelitian ini adalah peran kebanggaan organisasi sebagai mediator penuh (full mediation). Hal ini dibuktikan dengan adanya pengaruh tidak langsung yang signifikan dari persepsi program dampak sosial terhadap OCB melalui kebanggaan organisasi (P?value=0.000), sementara pengaruh langsungnya terbukti tidak signifikan (P?value=0.315). Studi ini menyimpulkan bahwa inisiatif sosial tidak secara langsung meningkatkan OCB, melainkan harus terlebih dahulu membangun rasa bangga pada anggota. Kebanggaan menjadi jembatan psikologis krusial yang menerjemahkan persepsi positif terhadap program menjadi perilaku yang bermanfaat bagi organisasi.