Penelitian ini menyelidiki kebutuhan mendesak untuk analisis keputusan yang efektif dalam
pengembangan perangkat lunak manajemen rantai pasok untuk perusahaan rintisan di
lanskap teknologi Indonesia yang berkembang pesat. Dengan tujuan Indonesia untuk
memanfaatkan teknologi demi pertumbuhan ekonomi dan peran signifikan UMKM, penting
untuk mengatasi tantangan yang dihadapi bisnis ini dalam mengadopsi solusi digital. UMKM
menyumbang 61% dari PDB Indonesia dan mempekerjakan 97% tenaga kerja, namun hanya
sebagian kecil yang telah mengadopsi teknologi digital. Menggunakan kerangka strategis
seperti SMART, SWOT, dan VRIO, penelitian ini mengidentifikasi dan memprioritaskan fitur
perangkat lunak utama yang diperlukan untuk skalabilitas dan kecocokan pasar. Peralihan
perusahaan dari CMS headless ke perangkat lunak manajemen rantai pasok menyoroti
perlunya solusi inovatif dan skalabel yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang
beragam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, menggabungkan analisis
kualitatif dan kuantitatif untuk memahami secara komprehensif posisi pasar perusahaan dan
kebutuhan pelanggan. Data primer dari calon pelanggan dan data sekunder dari literatur
yang ada serta wawasan perusahaan memberikan gambaran tentang profil pelanggan ideal,
lingkungan bisnis, dan kekuatan internal. Alat seperti Lima Kekuatan Porter, analisis
pesaing, dan pemetaan persepsi membantu mengidentifikasi peluang dan ancaman pasar.
Dengan menganalisis faktor-faktor ini, perusahaan bertujuan untuk mengembangkan produk
yang skalabel yang memenuhi kebutuhan spesifik UMKM di Indonesia, dengan fokus pada
perangkat lunak manajemen rantai pasok yang efisien dan integrasi sistem yang mulus.
Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan terstruktur dalam pengembangan produk,
menggunakan kerangka seperti SMART untuk memprioritaskan fitur berdasarkan preferensi
pelanggan dan tujuan bisnis. Penelitian ini merekomendasikan strategi bagi perusahaan
untuk menavigasi lanskap kompetitif, meningkatkan penawaran teknologinya, dan mencapai
prioritas pengembangan produk untuk Monago dalam mengembangkan solusi perangkat
lunak sebagai layanan dari solusi berbasis proyek. Penelitian ini memberikan peta jalan bagi
perusahaan untuk meningkatkan upaya pengembangan perangkat lunaknya, mendorong
inovasi dan pertumbuhan di pasar Indonesia.
Perpustakaan Digital ITB