Peningkatan volume lalu lintas di jalan tol Indonesia menunjukkan tingginya ketergantungan masyarakat terhadap infrastruktur ini, namun juga memicu kemacetan yang semakin kompleks, khususnya di wilayah padat seperti Jabodetabek. Mengingat keterbatasan solusi berbasis ekspansi fisik, strategi kontrol seperti Variable Speed Limit (VSL) menjadi alternatif yang relevan. Tugas Akhir ini memodelkan implementasi VSL menggunakan model Lighthill-Whitham-Richards (LWR) untuk merepresentasikan dinamika kepadatan lalu lintas, yang kemudian diformulasikan sebagai masalah kontrol optimal dan diselesaikan dengan algoritma Projected Gradient Descent (PGD). Skema Godunov digunakan untuk mendiskretisasi model karena kemampuannya dalam menangani diskontinuitas pada solusi model LWR. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penerapan VSL berhasil menurunkan total waktu tempuh kendaraan (Total Travel Time) sebesar 11,8% pada kondisi normal, 14,5% pada kondisi lengang, dan 2,4% pada kondisi padat. Hasil ini menunjukkan potensi signifikan VSL dalam meningkatkan efisiensi lalu lintas di jalan tol.
Perpustakaan Digital ITB