Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada berbagai industri. Industri acara, di mana
sebagian besar produk utamanya adalah acara offline, terdorong untuk mengubah bentuk
bisnisnya dengan beradaptasi melalui model baru produk mereka — acara virtual, sebagai
bentuk inovasi untuk kelangsungan hidup dan pengembangannya. Karena acara virtual tidak
umum sebelum pandemi, format ini masih jarang dipelajari, khususnya mengenai niat
mengunjungi kembali konsumen dari acara hiburan luring terkenal yang bergeser menjadi
daring, 'We The Fest', festival musim panas tahunan Ismaya Group yang ikonik — salah satu
yang terbesar di Asia Tenggara. Menanggapi situasi ini, penelitian ini akan dilakukan dengan
tujuan utama untuk menilai efek atribut acara virtual pada pengalaman pengunjung secara
keseluruhan, yang, pada ahirnya, mempengaruhi kepuasan dan loyalitas terhadap We The Fest:
Virtual Home Edition 2020. Dua pendekatan digunakan dalam penelitian ini; pendekatan
kualitatif dengan wawancara terstruktur tidak langsung dilakukan kepada 141 responden, dan
pendekatan kuantitatif dengan kuesioner terstruktur dilakukan kepada 270 responden. Kedua
pendekatan dilakukan kepada orang-orang yang sebelumnya mengikuti minimal satu kali acara
We The Fest edisi 1-6, dan untuk kuantitatif, penonton We The Fest: Virtual Home Edition
2020 menjadi kriteria tambahan. Penelitian ini menggunakan pengkodean terbuka, statistik
deskriptif, dan PLS-SEM untuk analisis data dalam menghasilkan data. Sebagai hasilnya,
penelitian ini dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman peristiwa
virtual dan, akhirnya, niat mengunjungi kembali. Faktor-faktor itu didasarkan pada atribut
acara virtual yang mencakup pelanggan online ke pelanggan, komunikasi yang efektif,
keterlibatan konten online, program festival, pelarian, kebersamaan, dan musik. Hasilnya
menunjukkan bahwa empat atribut acara virtual; keterlibatan konten daring, program festival,
pelarian, dan musik, secara signifikan mempengaruhi pengalaman acara virtual. Seiring dengan
nilai festival, itu sangat mempengaruhi kepuasan keseluruhan dan niat mengunjungi kembali.
Temuan ini berkontribusi pada pemahaman acara virtual, mendukung penyelenggara acara
dengan memberikan wawasan tentang cara merancang dan mengelola acara virtual di masa
depan secara efektif.
Perpustakaan Digital ITB