digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Ridho Fikri Zein
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Kerusakan bantalan gelinding dapat dideteksi dengan pengukuran getaran maupun shock pulse. Namun, pendeteksian kerusakan bantalan gelinding pada mesin dengan transmisi roda gigi sering terkendala karena getaran dari roda gigi yang dapat mengganggu hasil pembacaan, sehingga ciri kerusakan tidak dideteksi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah metode getaran dan shock pulse dapat mendeteksi kerusakan bantalan gelinding pada mesin dengan transmisi roda gigi. Pada penelitian ini, dilakukan pendeteksian terhadap empat kondisi bantalan gelinding, yaitu tanpa cacat, cacat pada outer ring, cacat pada inner ring, dan cacat pada rolling element. Selain itu, dilakukan variasi beban torsi yang diterapkan, yaitu sebesar 0 Nm, 1 Nm, dan 2 Nm. Setiap variasi kondisi tersebut kemudian diukur menggunakan tiga teknik pengukuran yang berbeda, yaitu EVAM (Envelope Vibration Analysis Method), SPM HD (Shock Pulse Method High Definition), dan HD ENV, dengan memanfaatkan alat akuisisi data Leonova Diamond. Seluruh pengujian dilakukan pada alat uji di Laboratorium Dinamika ITB yang telah dimodifikasi sehingga dilengkapi dengan sistem pengereman cakram. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengukuran EVAM tidak berhasil mendeteksi kerusakan bantalan gelinding, begitu juga dengan HD ENV Filter 1. Namun, SPM HD dan HD ENV Filter 2, 3, dan 4 hanya berhasil mendeteksi kerusakan pada outer ring dan rolling element. Jadi, pengaruh getaran roda gigi pada sistem transmisi tidak sepenuhnya menghalangi deteksi kerusakan bantalan gelinding.