Tren mengkonsumsi Specialty Coffee semakin meningkat karena perubahan perilaku peminum kopi di
Indonesia. Hal tersebut bisa diindikasikan dari pertumbuhan signifikan antara tahun 1990 dan 2018 untuk
konsumsi kopi di Indonesia dengan persentase 73%. Kemudian, preferensi kopi telah berubah dari
mengkonsumsi kopi instan menjadi mengkonsumsi Specialty Coffee , terutama karena pertumbuhan
besar-besaran kedai kopi khusus atau kafe di kota metropolitan seperti Jakarta dan Bandung. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku peminum kopi khusus di Indonesia
dengan menggunakan analisis Chi-square dan uji Cramer's V yang melibatkan 336 responden, yang
tersebar ke konsumen kopi dengan rentang usia antara 16 sampai 30 tahun untuk memenuhi kuesioner
online. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peminum kopi khusus Indonesia
memiliki tingkat ketergantungan yang moderat, dan faktor yang mempengaruhi konsumsi Specialty
Coffee adalah latar belakang pribadi konsumen, preferensi kopi, dan mengkonsumsi motif. Tujuan,
analisis uji Chi-square dan Cramer's V adalah untuk membangun fondasi tentang riset kopi khusus di
Indonesia, karena hanya ada beberapa jurnal yang membahas tentang kopi spesial, khususnya di
Indonesia. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar penelitian lebih lanjut yang
melakukan dengan alat analisis yang lebih maju
Perpustakaan Digital ITB