digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tren mengkonsumsi Specialty Coffee semakin meningkat karena perubahan perilaku peminum kopi di Indonesia. Hal tersebut bisa diindikasikan dari pertumbuhan signifikan antara tahun 1990 dan 2018 untuk konsumsi kopi di Indonesia dengan persentase 73%. Kemudian, preferensi kopi telah berubah dari mengkonsumsi kopi instan menjadi mengkonsumsi Specialty Coffee , terutama karena pertumbuhan besar-besaran kedai kopi khusus atau kafe di kota metropolitan seperti Jakarta dan Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku peminum kopi khusus di Indonesia dengan menggunakan analisis Chi-square dan uji Cramer's V yang melibatkan 336 responden, yang tersebar ke konsumen kopi dengan rentang usia antara 16 sampai 30 tahun untuk memenuhi kuesioner online. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peminum kopi khusus Indonesia memiliki tingkat ketergantungan yang moderat, dan faktor yang mempengaruhi konsumsi Specialty Coffee adalah latar belakang pribadi konsumen, preferensi kopi, dan mengkonsumsi motif. Tujuan, analisis uji Chi-square dan Cramer's V adalah untuk membangun fondasi tentang riset kopi khusus di Indonesia, karena hanya ada beberapa jurnal yang membahas tentang kopi spesial, khususnya di Indonesia. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar penelitian lebih lanjut yang melakukan dengan alat analisis yang lebih maju