Penelitian ini mengkaji keandalan mesin jet dengan menganalisis pola kegagalan dan mengevaluasi bagaimana analisis keandalan dapat meningkatkan kinerja dan pemeliharaan mesin. Data NASA tentang 100 mesin jet komersial digunakan pada Tugas Akhir ini. Penelitian ini menerapkan klasterisasi K-Means, analisis Pareto, dan analisis keandalan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kritis seperti suhu tinggi, kecepatan, rasio bypass, dan tekanan rendah yang mempercepat degradasi mesin. Faktor-faktor ini secara signifikan mengurangi sisa umur guna (RUL) mesin. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan analisis keandalan dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pemeliharaan, sehingga potensi risiko kegagalan dapat dikurangi secara lebih sistematis. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan praktik pemeliharaan dengan menargetkan komponen-komponen yang berisiko tinggi guna mengurangi kemungkinan kegagalan dan meningkatkan keandalan mesin.
Perpustakaan Digital ITB