Abstrak - Aditya Panji Moehammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelaksanaan Car Free Day pada Ruas Jalan Ir. H. Djuanda Kota Bandung
di Simpang Dago setelah persimpangan Dayang Sumbi hingga Taman Cikapayang
dari jam 06:00 WIB hingga 10:00 WIB membuat pergerakan dari kendaraan di
daerah tersebut menjadi berubah. Dikarenakannya Jalan Ir. H Djuanda yang ditutup
untuk digunakan sebagai tempat Car Free Day, sehingga masyarakat yang ingin
memobilisasi dari daerah Dago Atas menuju Kota Bandung atau sebaliknya harus
memilih jalan altenatif agar dapat menuju tujuan yang mereka inginkan. Pergerakan
kendaraan yang berbeda di saat Car Free Day membuat jalan altenatif di sekitar
Jalan Ir. H. Djuanda akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan. Hal tersebut
juga menyebabkan pertambahannya tingkat emisi gas yang terjadi di jalan altenatif
tersebut. Oleh karena itu, diperlukannya analisis bagaimana pengaruh car free day
terhadap jalan-jalan yang memungkinkan menjadi jalan altenatif. Tujuan
penyusunan laporan Tugas Akhir ini adalah menganalisis tingkat pelayanan dan
emisi gas dari simpang dan jalan yang terkena dampak dari adanya car free day
Jalan Ir. H. Djuanda. Data yang digunakan adalah yaitu data primer dan data
sekunder. Data primer diperoleh dari hasil survei ketika car free day dilaksanakan
dan hasil survei ketika car free day tidak dilaksanakan. Sedangkan data sekunder
dari tinjauan dokumen tentang faktor emisi kendaraan di Indonesia. Analisis
dilakukan terhadap tingkat pelayanan dan tingkat emisi gas di simpang jalan dan
ruas jalan yang dipengaruhi oleh kegiatan car free day. Sebagai dasar analisis
digunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 (PKJI 2023) dan penggunaan
software Vissim untuk analisis. Hasil dari pengaruh pelaksanaan CFD adalah CFD
mempengaruhi jalan-jalan altenatif yaitu Jalan Dipatiukur dan Jalan Taman Sari
dengan parameter derajat kejenuhan yang lebih tinggi di jalan tersebut. Kecepatan
di Jalan tersebut lebih kecil ketika dilaksanakannya CFD. Panjang antrean dan
waktu tundaan menunjukkan lebih lama di saat CFD pada jalan-jalan tersebut.
Waktu tempuh kendaraan lebih lama pada saat CFD. Hasil dari emisi gas adalah
kondisi emisi gas pada CFD lebih baik untuk satu jaringan dibanding dengan pada
saat tidak dilakukannya CFD
Perpustakaan Digital ITB