digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam Rencana Strategis (RENSTRA) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2021- 2025, salah satu pilar strategis ITB adalah pengembangan institusi yang berkaitan dengan manajemen organisasi, pengembangan sumber daya, dan komunitas dalam institusi. Namun, terdapat tantangan mencapai rencana tersebut, pembagian kerja tenaga kependidikan (tendik) masih berfokus pada jabatan struktural sehingga masih banyak tendik yang tidak memiliki jabatan atau staf, yaitu sebesar 77,5%. Penerapan jabatan struktural menyebabkan adanya keterbatasan pengembangan karier secara spesifik. Di sisi lain, jabatan fungsional yang berfokus pada salah satu keterampilan tertentu membuat progres karier dari tendik lebih terfokus. Berdasarkan hasil identifikasi akar masalah, diperoleh bahwa struktur ITB saat ini belum memfasilitasi jabatan fungsional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang peta jabatan fungsional tenaga kependidikan pada Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB. Penelitian ini mengacu pada STAR Model yang digabungkan dengan metodologi pemetaan proses bisnis BPM lifecycle menggunakan standar PCF APQC higher education, serta model acuan AWS Skill-Based Workforce Segmentation Model. Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan analisis dokumen internal milik ITB. Pelaksanaan penelitian diawali dengan menganalisis kondisi organisasi saat ini berupa latar belakang masalah serta mendefinisikan batasan dan asumsi penelitian. Kemudian, pendefinisian strategi organisasi, serta penyusunan proses bisnis usulan dalam upaya mencapai strategi organisasi. Terakhir, pemetaan jabatan fungsional pada struktur organisasi FTI ITB yang diawali dari identifikasi kebutuhan tipe jabatan hingga pemetaan akuntabilitas setiap proses bisnis. Validasi dilakukan sepanjang penelitian dalam upaya menghasilkan rancangan solusi yang sesuai kebutuhan dan kapabilitas organisasi. Hasil dari rancangan pemetaan jabatan fungsional telah valid secara teoritis sehingga layak diimplementasikan pada struktur organisasi FTI ITB. Terdapat 13 jabatan fungsional yang dibutuhkan oleh FTI ITB, yaitu Arsiparis Kategori x Keterampilan, Pranata Humas Kategori Keterampilan, Asisten Perpustakaan, Pranata Laboratorium Pendidikan Ahli, Pranata Laboratorium Pendidikan Kategori Keterampilan, Penata Laksana Barang, Analis Teknologi dan Sistem Informasi, Teknisi Bangunan, Analis Pengelolaan SDM, Akuntan, Analis Anggaran, Analis Pajak, serta Analis Perbendaharaan. Namun, keterbatasan waktu dan sumber daya menyebabkan implementasi rancangan usulan di luar cakupan dari penelitian ini. Penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan sistem karier ITB dan acuan pemetaan untuk Fakultas/Sekolah lain di ITB.