digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tugas Akhir ini bertujuan menganalisis data kecelakaan serta kegagalan pada pesawat Boeing 737-series secara umum dan kegagalan sistem rudder Boeing 737-series secara khusus. Data-data kecelakaan Boeing 737 yang terakumulasi sejak awal tahun 1970 dirumuskan dalam statistik kecelakaan. Kemudian dilakukan analisis secara umum terhadap penyebab kecelakaan dan kecenderungan umum, sehingga dihasilkan kesimpulan terhadap pola kecelakaan Boeing 737.Kegagalan pada sistem rudder pada Boeing 737 merupakan jenis kegagalan flight control system yang memiliki pengaruh kegagalan bersifat katastropik dengan peluang kejadian < 10 (pangkat -9). Beberapa kecelakaan yang melibatkan kegagalan system rudder dikaji secara khusus untuk mendapatkan factor-faktor yang sama (common) dan yang tidak dalam kejadian kecelakaan tersebut. Mekanisme kegagalan pada sistem rudder dianalisis secara ringkas menggunakan metode Failure Mode and Efect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA) dengan mengacu pada laporan hasil investigasi, Airworthiness Directives (ADs), dan Service Bulletin (SB).