digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 6 Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PUSTAKA Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

LAMPIRAN Marsha Sovia Ramadani
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Pemerintah Kota Bandung saat ini tengah memberlakukan kebijakan penutupan Jalan Braga setiap akhir pekan, tepatnya pada hari Sabtu dan Minggu. Kebijakan ini bernama Braga Bebas Kendaraan atau Braga Beken. Implementasi kebijakan tersebut tentunya akan membawa dampak terhadap lingkup sosial yang berada didalamnya, terutama para pelaku usaha. Penelitian ini, yang belum pernah dilakukan sebelumnya, bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi pelaku usaha terhadap kebijakan Braga Bebas Kendaraan yang diterapkan di Kawasan Heritage Braga, Bandung. Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode analisis yang dilakukan mencakup analisis skala likert, Importance-Performance Analysis (IPA) atau analisis kuadran, dan analisis tingkat kepuasan pelaku usaha melalui Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pelaku usaha memiliki persepsi yang netral terhadap implementasi kebijakan Braga Bebas Kendaraan. Namun ketika ditinjau dari 7 kategori usaha yang diperoleh (kuliner, retail, hiburan, hotel, jasa, seni & budaya, dan parkir), dihasilkan persepsi pelaku usaha yang cukup beragam, terdapat pelaku usaha yang memiliki persepsi positif, netral, dan juga negatif terhadap kebijakan tersebut. Melalui penelitian tugas akhir ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap bidang keilmuan perencanaan wilayah dan kota, khususnya mengenai aspek kebijakan pedestrianisasi di ruang kota. Selain itu, diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pengelola kebijakan untuk dapat mengurangi risiko terhadap operasional pelaku usaha.