digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan berbagai layanan yang dapat digunakan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan mereka selama perkuliahan. Layanan-layanan yang ada di ITB dikelola oleh masing-masing unit sesuai dengan tujuan masing-masing. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan mahasiswa untuk menggunakan layanan-layanan tersebut. Dilihat dari segi desain interaksi, Setiap layanan menyediakan platform-nya masing-masing sehingga mengharuskan pengguna mengetahui dan mempelajari semua tampilan pada setiap layanan yang ada. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkanlah desain interaksi aplikasi layanan mahasiswa Institut Teknologi Bandung terintegrasi. Rancangan interaksi dibuat menggunakan pendekatan user centered design dan memerhatikan proses pengintegrasian layanan dengan menggunakan kerangka kerja Working Students Success Network. Keluaran dari tugas akhir ini berupa high fidelity prototype yang memenuhi usability dan user experience goals yang ditentukan dari kuesioner. Usability goals yang perlu dicapai adalah effective to use dan efficient to use. User experience goals yang perlu dicapai adalah helpful dan satifying. Pengujian dilakukan terhadap target pengguna dengan iterasi pengujian yang terus dilakukan hingga nilai goals yang diperoleh melebihi target minimum yang ditentukan. Hasil akhir menunjukkan bahwa target minimum keseluruhan goals sudah tercapai dengan pengujian yang dilakukan dalam dua kali iterasi. Nilai usability goals pada iterasi kedua adalah 100% untuk completion rate dan 0,137 goals/second untuk time-based efficiency. Nilai user experience goals pada iterasi kedua adalah 6,83 untuk Intrinsic Motivation Inventory (IMI) subskala value/usefulness, 6,81 untuk Single Ease Question (SEQ), dan 93,57 untuk System Usability Scale (SUS).